Tiap Desa di Koltim Kelola Anggaran Hingga Rp800 Juta – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Tiap Desa di Koltim Kelola Anggaran Hingga Rp800 Juta

KOLAKAPOS, Tirawuta–Dari semua desa yang ada di Kolaka Timur, secara keseluruhannya anggaran Anggaran Dana Desa (ADD) tahun ini mencapai Rp41,9 miliar. Sementara untuk Dana Desa sendiri, jumlahnya mencapai Rp91 Miliar. Hal itu dibeberkan langsung oleh Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah saat acara Rakernis, para kepala desa dan aparatnya, serta lurah beserta jajarannya di aula pertemuan GOR Kecamatan Ladongi belum lama ini.

Dari total anggaran itu lanjut Tony, tiap desa dapat mengelola anggaran dari pemerintah mencapai Rp700 juta hingga Rp800 juta perdesanya dalam satu tahun anggaran. “Bisa jadi tahun depan mencapai Rp1 miliar perdesa di Koltim. Untuk itu, kita berharap dana ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pembangunan di desanya,” ungkapnya.
Untuk itu kata mantan Pj Bupati Koltim yang pertama ini, melalui Rakernis ini agar dapat disingkronkan semua perencanaan pembangunan. Mulai dari tingkat Desa, Lurah, Kabupaten, Provinsi hingga tingkat pusat agar kiranya disesuaikan dengan visi dan misi bupati Koltim kedepanya. Dana Desa katanya, merupakan suatu konteks untuk mengurangi kesenjangan sosial, pembangunan insfrastruktur dasar desa serta bagaimana desa mampu bersaing serta mampu menciptakan mobilisasi ekonomi yang maju melalui pemberdayaan Bumdes.
“Jadi, saya harap dapat memanfaatkannya dengan baik demi terciptanya kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah Koltim sendiri,” harapnya.
Pada kesempatan itu, bupati Koltim sempat menyinggung janji pemerintah pusat terkait anggaran untuk kelurahan, dimana pemerintah pusat ketika itu berencana akan memberikan anggaran kelurahan seperti dana desa.
“Mudah-mudahan janji pemerintah pusat tersebut bisa direalisasikan. Paling tidak kalau sudah dijanji ada harapan dibandingkan tidak sama sekali,” tutupnya. (ing)

Click to comment

The Latest

To Top