Melalui Diklatpim Tingkatkan Kompetensi ASN Konsel – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Melalui Diklatpim Tingkatkan Kompetensi ASN Konsel

Wabup Konsel, DR H Arsalim Arifin SE M.Si saat membuka kegiatan Diklatpim III ASN.FOTO:Syaprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Konsel bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Provinsi Sultra, menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklatpim) eselon III Aparatur Sipil Negara (ASN) Konsel, yang dibuka oleh Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin, kemarin.

Arsalim mengatakan, Diklat dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan manajerial taktikal pejabat struktural eselon III.
“Sehingga nantinya mereka yang ikut Diklat ini, dapat berperan dalam membuat perencanaan dan pelaksanaan kegiatan diinstansinya. Utamanya dalam memimpin staf maupun bawahan, baik internal maupun eksternal instansinya,” jelasnya.
Diklat ini lanjut dia, juga bagian dari pengembangan kompetensi ASN dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.
“Ini juga berkaitan dengan konsistensi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.
Arsalim berharap, Diklatpim III yang diikuti pejabat struktural Pemkab Konsel dapat dijadikan sebagai tempat untuk memperoleh ilmu, pengalaman dan wawasan. Sehingga, dapat menjadi bahan inspirasi dalam mewujudkan cita-cita besar menuju Desa Maju Konsel Hebat yang menjadi dasar pembangunan di Konsel.
“Kita menuntut peserta diklat agar mampu berperan aktif dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat, pelayanan kesehatan, peningkatan pendidikan, peningkatan infrastruktur yang memadai. Serta pengentasan pengangguran sesuai bidang tugas masing-masing,” tegasnya.
Disamping itu, melalui diklat tersebut PNS Konsel juga diharapkan mampu memahami manajemen ASN yang baik dan setara dunia.
“Diklat salah satu langkah agar menciptakan ASN handal. Menciptakan profesionalisme, integritas, pelayanan yang baik serta wawasan global bagi ASN Konsel,” tutup Arsalim.
Sementara itu, di tempat yang sama Kepala BKPPD Konsel, Junaid mengatakan, Diklatpim III akan berlangsung sejak 8 Mei hingga 23 Agustus yang diikuti oleh 40 pejabat struktural.
“30 eselon III berasal dari pejabat struktural Pemda Konsel. Selebihnya berasal dari kabupaten/kota se-Sultra,” terangnya.
Junaid menuturkan, Diklatpim III ini merupakan kali pertama diadakan Pemkab Konsel dengan membuka ruang kelas. Dimana sebelumnya Pemkab Konsel hanya melakukan pola kontribusi dengan mengirim peserta yang menyelenggarakan.
“Pola diklat kali ini dilaksanakan on kampus dan off kampus. Dukungan anggaran dari pemerintah daerah, sehingga realisasi pembukaan kelas peserta Diklat Pemda Konsel terselenggara,” tandasnya. (k5)

Click to comment

The Latest

To Top