Penas KTNA Wadah Petani Manfaatkan Teknologi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Penas KTNA Wadah Petani Manfaatkan Teknologi

KOLAKAPOS, Kolaka–Wakil Bupati Kolaka H.Muh.Jayadin mengapresiasi para kontingen kabupaten kolaka yang berangkat pada ajang Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) ke XV yang di selenggarakan di Nangro Aceh Darusalam. Kepada Kolaka Pos Jayadin berpesan kepada kontingen dari Kolaka untuk bisa menerapkan pengalaman yang didapat dalam akang Penas di Aceh.

Kata Jayadin ada sekitar 38 ribu peserta dari seluruh Indonesia menghadiri acara pembukaan yang ditandai dengan pemukulan tambo oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Lanjut ia mengatakan forum Penas XV KTNA sangat penting artinya bagi pemerintah Kabupaten mengingat warga Kolaka sebagian besar adalah petani. Dalam forum ini, katanya harus dimanfaatkan petani sebagai wadah transfer teknologi pertanian.

“Transfer teknologi di Penas KTNA harus dilakukan dan diadopsi petani kita untuk meningkatkan produksi pertanian di daerah,” katanya

Sementra itu Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka H.Muh.Bachrun Hanise melalui kepala Bidang Produksi Produksi H.Darwis memgatakan, kegiatan Penas KTENA yang dilakukan di laksanakan di Aceh Dinas Perkebunan dan peternakan kolaka Membawa Petani 4 Orang, Peternak 1 orang dan pengurus KTENA Kolaka satu orang dan pendamping 5 orang.

“Alhandulilah semua kegiatan berjalan dengan lancar. Kami sangat mengaharpkan kepada pesera yang ada bisa mengaplikasikan di lapangan, untuk para petani bisa mengatahui prilaku tanaman kakao untuk mendapatkan hasil yang lebih baik,” ujarnya.

Ia juga mengatakan selain melakukan kegiatan di stan KTNA ia juga mengakui telah melakukan kinjungan di beberapa lokasi. (hud)

Click to comment

The Latest

To Top