Penyaluran Rastra Koltim Harus Tepat Sasaran – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Penyaluran Rastra Koltim Harus Tepat Sasaran

Penyerahan Rastra.FOTO:Inga/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta–Demi tercapainya kebutuhan beras bagi masyarakat kurang mampu, khususnya pada warga yang berdomisil atau tersebar di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kolaka Timur. Pemerintah setempat

mulai menyalurkan bantuan subsidi Beras Sejahtera (Rastra). Penyaluran kali ini, ditandai dengan launching yang dipusatkan di Kecamatan Mowewe, Jumat (5/5) yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kolaka Timur Andi Merya Nur.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Koltim, Andi Merya Nur menegaskan, penyaluran beras untuk masyarakat yang memiliki pendapatan rendah akan mendapat perhatian serius dari pemerintah. Sebab, merupakan sasaran langsung. Selain itu, dalam penyalurannya harus sesuai dengan jalur atau ketentuan yang berlaku. “Kalau pada tahun tahun sebelumnya banyak keluhan dari masyarakat terkait bantuan Rastra ini disalahgunakan. Mulai sekarang sudah tidak boleh lagi. Jadi, saya harap pada tahun ini, mulai dari camat hingga kepala lurah dan desa tidak boleh ada lagi keluhan dari masyarakat tentang penyaluran Rastra ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Distribusi Drive Bulog Sultra, Umar Said mengapresiasi kegiatan launching program beras sejahtera (Rastra) tersebut. Meskipun demikian, menurut Umar, seharusnya pelaksanaan launching bakal digelar pada awal Januari lalu namun baru bisa terlaksana. “Ini seharusnya sudah di launching medio Januari hingga April, tetapi karena SK dari Perum Bulog pusat baru di keluarkan bulan lalu. Makanya, baru bisa terlaksana,”jelasnya.

Sementara itu, Kabag Ekonomi Pemkab Koltim Nasrun Djamaris mengatakan, tujuan program beras 2017 adalah berkurangnya beban pengeluaran per KPM di Koltim untuk mencukupi kebutuhan pangan beras melalui penyaluran beras bersubsidi sesuai dengan pagu yang ditetapkan pemerintah yakni 15 kg per KPM dengan harga Rp1.600. “Jumlah beras untuk Koltim sebanyak 2.226.600 kg disalurkan Kansilog Kolaka dengan kualitas medium tidak berhama,” ucapnya.

Selain itu, Untuk penyaluran perdana tersebut, kecamatan Mowewe ada sekitar lima desa yang akan menerima bantuan Rastra. “Ini untuk perdananya. Selanjutnya desa lainnya juga akan segera menyusul,” tuturnya. (ing)

Click to comment

The Latest

To Top