Bulog Siap Ganti Beras Dibawah Standar Medium – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Bulog Siap Ganti Beras Dibawah Standar Medium

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Polman–Bulog baru saja mendistribusi sejumlah beras rastra untuk rumah tangga sasaran penerima manfaat. Namun dibalik itu, tidak dijamin bila kesemua rastra tersebut sudah sesuai dengan standar kualitas. Menurut kepala sub divre Bulog Kabupaten Polewali Mandar, Arwiyati Ridwan mengurai, standar kualitas beras rastra adalah 20% broken, 2% menir, dan 14% kadar air. Standar itu biasa juga disebut dengan beras jenis medium atau dibawah premium. Namun bila masyarakat penerima manfaat menerima rastra dibawah standar itu, maka Bulog menggaransi akan menggantinya. “Kami siap ganti bila memang ada ditemukan tidak sesuai standar,” kata Arwiyati beberapa waktu lalu.

Sementara kepala gudang Bulog Polewali Sukmar mengatakan kejadian adanya beras rastra terbagi dibawah standar karena proses pencampuran (mixing) yang tidak merata. Kata dia, sesuai dengan standarnya beras rastra atau dikenal dengan raskin itu mempunyai menir 2% dan broken 20%. “Jadi hitungannya, bila dalam 100kg beras maka terdapat 20kg beras patah 2kg menir, sehingga harus tercampur merata,” ungkap Sukmar. Ia juga menyadari menurutnya kualitas lebih disebabkan karena lamanya beras bertumpuk digudang. “Mungkin juga karena lamanya bertumpuk digudang, karena rastra yang terbagi ini adalah masih beras tahun 2016,” katanya

Sementara itu kepala seksi kesejahteraan rakyat kelurahan Darma Polewali mengatakan belum ada laporan dari masyarakat penerima terkait aduan rastra. Dia menyebut sebanyak lebih dari 500 RTSPM di wilayahnya itu terdata sebagai penerima rastra tidak seorangpun yang datang mengadu. “Belum ada laporan yang kami terima pak, saat ini jumlah rastra sudah hampir terbagi semua namun kami belum menerima adanya pengaduan terkait kualitas,” ujarnya. Ia mengaku akan tetap terbuka bila memang ada masyarakat yang menyampaikan itu.

Sebelumnya kepala Bulog Polman menargetkan rastra tahun ini bebas dari komplain. Ia tidak ingin ada keluhan masyarakat terkait kualitas beras jenis medium itu. “Selain kami harus dapat 20.000 ton beras tahun ini, Bulog Polman juga harus zero complain,” tandasnya.(bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top