Aksi Jambret Marak – KOLAKA POS

KOLAKA POS

HUKUM & KRIMINAL

Aksi Jambret Marak

KOLAKAPOS, Pekanbaru–PENGENDARA yang melintas di ruas jalan agar selalu waspada. Pasalnya aksi kejahatan penjambretan di Kota Pekanbaru kian marak, dimana dalam waktu kurang dalam sepekan telah terjadi 4 kali aksi penjambretan yang menimpa ?pengendara sepeda motor.

Kasus penjambretan ini misalnya yang terjadi Sabtu (29/4) lalu sekitar pukul 11.00 WIB di Jalan Teratai, Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tampan. Peristiwa tersebut dialami korban bernama Syafarida warga Jalan Muhajirin. Kejadian bermula ketika ?dirinya hendak pulang kerumah setelah menjemput anaknya dari sekolah. Ketika melintas jalan tersebut secara tiba-tiba korban dipepet oleh pelaku bernama DM (27) menggunakan sepeda motor matik berwarna putih BM 4005 TJ dari sebelah kiri. Tersangka lansung mengambil dompet korban terletak di dasboard sepeda motor.

Setelah berhasil mengambil dompet pelaku berusaha larikan diri, tapi korban berusaha mengejar. ?Namun naas bagi tersangka yang hendak kabur melewati jalan buntu. Saat hendak berbalik arah korban lansung menabrakan kendaraannya ke sepeda motor tersangka . Sehingga pelaku berhasil diamankan bersama barang bukti dompet wanita, uang tunai Rp 1,28 juta, satu unit ?handphone warna putih dan sepeda motor matik .

?Lalu aksi lainnya penjambretan yang terjadi di Jalan Sungai Rokan, Kelurahan Tanjung Rhu, Kecamatan Limapuluh, Jumat (28/4) lalu sekitar pukul 11.55 WIB. Tersangka yang bernama DIP (34) warga Jalan Purwodadi berhasil diamankan, setelah aksinya hendak menjambret Nurhaida Siagian (47) warga Jalan Indra Puri digagalkan korban.

Peristiwa tersebut terjadi saat korban tengah berada di lokasi kejadian, pelaku yang datang dari arah belakang lansung menarik kalung emas yang terpasang di leher korban. Secara spontan korban lansung menarik tangan tersangka, sehingga mereka berdua tersungkur di permukaan jalan. Warga sekitar yang melihat kejadian tersebut mengamankan tersangka. Bahkan saat itu, tersangka menjadi bulan-bulan massa sebelum diamankan Polsek Limapuluh.

Saat dilakukan pemeriksaan, pelaku merupakan residivis dalam kasus yang sama. Menurut keterangan tersangka telah melakukan aksi penjambretan di enam lokasi diantaranya, ?di belakang Mall Ciputra, di Jalan Riau depan pasar buah 88, di Jalan Riau depan Mall Ciputra, ?Jalan Masjid Al Furqon Kecamatan Limapuluh,? Jalan Lokomotif, dan di Jalan Kuantan V Gang Pinang Sejahtera Kecamatan Limapuluh. Kini pelaku bersama barang bukti satu init Honda Beat berwarna hitam dan kalung emas seberat 7 gram telah diamankan di Mapolsek Limapuluh.

Kemudian, aksi penjambretan di Jalan Khayangan tepat di depan Toko Anggun Busana Kecamatan Rumbai Pesisir yang dialami Anggi Juliati, Selasa (2/5) lalu sekitar pukul 22.55 WIB saat korban hendak menuju pulang ke rumah.

Tersangka berjumlah dua orang yakni DK dan PT menggunakan sepeda motor matik berwarna putih yang telah mengikuti korban dari Jembatan Siak 1. ?Sampai di Jalan Khayangan tersangka memepet korban dan menarik tas kulit warna hitam yang tengah disandang oleh korban.

Mengetahui tasnya telah berpindah tangan korban seketika lansung berteriak jambret sambil mengejar pelaku. Naas bagi pelaku ketiak hendak berbelok ke Jalan Nila?, sepeda motor yang dikendarai tersangka menyenggol tiang gapura dan pohon, sehingga kedua tersangka terjatuh. Melihat kejadian tersebut warga sekitar berusaha mengejar pelaku, namun hanya DK yang berhasil diamankan. Sementara rekan pelaku PT berhasil melarikan diri.

Tersangka bersama barang bukti satu buah tas kulit warna hitam merk Furla, dua unit handphone, satu buah dompet kulit warna merah maroon merk Givenchy serta uang sebesar Rp 310.000 telah diamankan di Mapolsek Rumbai Pesisir

Terkahir, aksi jambret yang dilakukan dua bocah masih berstatus pelajar di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Pekanbaru. Mereka berinisial MZR (17) warga Jalan Datuk Setia Maharaja dan BPA (16) warga Jalan Muslim menjambret di Jalan Taskurun, Senin (1/5) sekitar pukul 22.30 WIB.
Kedua tersangka hendak menjambret pengendara sepeda motor bernama Halimatussa Diah (25) warga Jalan KH Ahmad Dahlan. Namun sayang aksi kedua pelajar itu gagal setelah sepeda motor kendarai mereka menabrak mobil yang tengah terparkir, sehingga tersungkur. Korban yang bertiak jambret mengundang perhatiaan warga dan lansung mengamankan dan sempat memukul mereka, sebelum diserahkan di Polsek Bukit Raya bersama barang bukti satu unit, Sepeda motor merek Yamaha mio warna putih BM 3534 JG, satu unit tas warna coklat tanpa merek, satu unit hanphone warna putih, ?satu dompet warna hitam merk Lovely, selember kartu berobat, kartu perpustakaan, kartu ATM mandiri dan ATM BNI, serta uang tunai Rp 20.000.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Sutanto, SIK, MH ketika dikonfirmasi Kasubag Humas Polresta Pekanbaru, ?Ipda Dodi Vivino SH membenarkan, aksi penjambretan yang terjadi beberapa hari lalu. “Pelaku dan barang bukti sudah diamankan guna penyelidikan lebih lanjut,” ungkapnya, Kamis (4/5) kemarin.

Upaya mencegah terjadi aksi kejahatan di jalanan raya dirinya menghimbau pengendara sepeda motor untuk meningkatkan kewaspadaanya. “Kita himbau masyarakat meningkatkan kewaspadaanya saat berkendara di jalanan,” imbaunya.(riaupos)

Click to comment

The Latest

To Top