Inspektorat Periksa Penggunaan Dana Desa Koltim – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Inspektorat Periksa Penggunaan Dana Desa Koltim

Tim Inpektorat saat melakukan pemeriksaan

KOLAKAPOS, Tirawuta–Inspektorat Kabupaten Kolaka Timur melakukan pemeriksan terhadap penggunaan keuangan Dana Desa, khususnya yang ada di Kecamatan Poli-Polia, Kamis,(4/5) bertempat di aula kantor Kecamatan setempat. Pemeriksaan itu, meliputi administrasi terkait penyaluran dana desa, sekaligus dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik di masing masing desa setempat.

Kabid Irban Inspektur Pembantu Wilayah III Inspektorat kabupaten Kolaka Timur Muhammad Hidayat mengatakan, pemeriksaan kali ini sesuai dengan aturan yang ada, yakni pasal 112 dan 113 UU No 6 tahun 2014, serta peraturan Menteri No 71/2015, tentang kebijakan pengawasan di lingkungan kementerian dalam negeri serta penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun 2016. Dimana telah di tegaskan, salah satu kegiatan pengawasan aparat pengawas intern pemerintah(APIP) adalah melakukan pengawasan dana desa.

“Jadi, ini sesui dengan aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Lanjut Hidayat, pelaksanaan pengawasan dana desa bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai, bahwa pengelolaan dana desa telah di lakukan sesuai dengan ketentuan, khususnya terkait tepat lokasi,tepat syarat,tepat salur,tepat jumlah dan tepat penggunaan. “Seharusnya pemeriksaan fisik oleh inspektorat di mulai tahun 2016 namun baru terlaksana. Insya allah, setelah pemeriksaan administrasi dana desa ini, kita lanjutkan pemeriksaan fisik dana desa di masing masing desa,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Poli Polia Akkas Genda berharap pada setiap desa agar pengelolaan dana desanya untuk tahun 2017 di salurkan tepat sasaran. Begitu juga pertanggung jawabannya pada setiap tahun anggarannya. “Para kepala desa jangan coba coba menyalah gunakan dana desa, apalagi sampai membeli mobil dari dana desa, tunjukan semua dokumen dokumen yang ada pada pemeriksan nanti, jangan ada yang di tutupi, kalau ada yang kurang nanti di kasih waktu kapan penyelesaianya,tapi kalau sudah di kasih waktu toh juga tidak ada berarti temuan namanya dan harus dipertanggung jawabkan secara hukum,” tutupnya. (ing/hen)

 

Click to comment

The Latest

To Top