Tingkatkan Keterampilan, 45 Alumni LKP Jalani Ujian TIK – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Tingkatkan Keterampilan, 45 Alumni LKP Jalani Ujian TIK

KOLAKAPOS, Kolaka–Sebanyak 45 peserta yang terdiri dari 25 alumni Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Basic Millenium, dan 20 alumni LKP Latra Gelobal, menjalani ujian kompetensi Teknologi Informasidan Komunikasi (TIK), di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) masyarakat, yang terletak di jalan Merdeka, kelurahan Latambaga, kecamatan Kolaka, selama tiga hari, sejak Minggu (30/4) hingga Selasa (2/5).

Dewan penguji dan pengawas Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) TIK, Toto Yulia Yurnanto menjelaskan, ujian kompetensi TIK merupakan program pemerintah pusat dibawah naungan Ditjen pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat, Kemendikbud, untuk melakukan peningkatan keterampilan bagi lulusan LKP, yang akan disiapkan menghadapi dunia kerja, utamanya menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). “Kalau misalnya dia lulusan SMA kemudian keterampilan atau Skillnya tidak ada, mau langsung ke dunia kerja namun aksesnya tidak ada, maka dia akan menjadi pengangguran. Maka pemerintah memberikan bantuan untuk dilakukan peningkatan keterampilan, melalui LKP-LKP yang dinilai layak memberikan pelatihan,” ungkapnya.

Dalam ujian TIK kata dia, para peserta didik yang telah diberi pelatihan aplikasi perkantoran yang meliputi Word, Power Poin dan Excel, selama tiga bulan atau sekitar 200 jam belajar, bakal memperoleh sertifikat kelulusan kurikulum standar MEA. “Jadi peserta pemilik sertifikat nantinya, tidak hanya berkompetensi tingkat nasional saja, tapi juga di tingkat Asia, karena sertifikatnya standar kurikulum MEA,” ujarnya.

Ujian TIK peserta didik LKP, untuk peningkatan keterampilan bagi warga kurang mampu, yang tidak memiliki akses untuk bekerja karena tidak memiliki keterampilan. “Jadi standar keterampilan yang dimiliki LKP, yang ada di pulau Jawa dan yang ada di Kolaka itu sama, karena LSK yang menguji juga sama. Dulu LKP hanya memberikan surat keterangan setelah pelatihan, tapi sekarang sudah diberi sertifikat standar keterampilan kelulusan,” terangnya.

Dia berharap, lulusan LKP penerima sertifikat dengan standar kelulusan 8,5 , mampu menerima dan bersaing dalam dunia kerja sebagai operator komputer. “Karena saat ini masih banyak operator komputer di perusahaan-perusahaan, kerja surat saja banyak salahnya, atau sama sekali tidak tahu. Dengan adanya ujian keterampilan TIK, tidak hanya dituntut mengerjakan aplikasi perkantoran dengan tepat, tapi juga dengan cepat,” jelasnya. (cr1)

Click to comment

The Latest

To Top