Disdik Makassar Siapkan Asrama Gratis untuk Siswa Kepulauan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Disdik Makassar Siapkan Asrama Gratis untuk Siswa Kepulauan

KOLAKAPOS, Makassar–Sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTS) di Kota Makassar Sulsel, bersiap untuk menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau sistem computer based test (CBT) pada Selasa (2/5).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar, Ismunandar mengungkapkan pihaknya telah melakukan persiapan agar pelaksanaan UNBK berjalan efektif dan efisien agar bisa dirasakan seluruh siswa baik di darat maupun di kepulauan untuk mendapatkan hak yang sama.
“Baik berupa internet, PLN komputer. Disdik Makassar, juga siapkan gedung atau asrama gratis untuk inap para siswa kepulauan yang mengikuti UNBK di daratan,” ujarnya.
Ismunandar menambahkan, meski para siswa peserta UNBK SMP tinggal di pulau-pulau lainnya, tidak menjadi halangan bagi mereka untuk menempuh ujian. Bahkan, para siswa yang tinggal di keoulauan disediakan transportasi dan asrama oleh Disdik Makassar, selama empat hari. Sehingga mereka tidak bolak-balik pulau, yang dapat mengakibatkan terlambat masuk sekolah.
“Memang ada pulau kelas jauh, Lima sekolah dan 145 siswa. Selama UNBK mereka menginap di PHI (Jalan Laia). Yang penting mereka bisa konsentrasi menghadapi ujian,” jelasnya.
Dia menjelaskan, UNBK untuk jenjang SMP sederajat dilaksanakan pada 2-8 Mei 2017. Berbagai fasilitas digunakan agar menyukseskan pelaksanaan UNBK. Namun harus dilihat letak geografis masing-masing wilayah.
“Masih ada daerah yang sulit ditembus dengan jalan darat, selain itu sarana dan prasarana pendukung kegiatan UNBK juga masih mengalami kendala, seperti ketersediaan tenaga listrik, jaringan telekomunikasi yang belum memadai harus menjadi pertimbangan penyelenggaraan UNBK, ini yang dialihkan ke daratan,” kata Ismunandar.
Dia menambahkan, ada 23 ribu siswa dari 255 SMP/MTS di Kota Makassar yang siap menggelar UNBK mandiri. Dari laporan Dinas Pendidikan setempat, persiapannya sudah 100 persen sudah siap.
“Sudah siap 100 persen, sekolah gelar UNBK,” optimisnya.
Sekedar diketahui, seluruh siswa kepulauan akan mengikuti ujian di gedung SMK Negeri 4 Makassar (Jalan Bandang) yang telah disiapkan dengan berbagai fasilitas. (fajar)

Click to comment

The Latest

To Top