Bupati Kolaka H` Ahmad Safei : Jangan Fasilitasi Penambang Emas – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Ragam

Bupati Kolaka H` Ahmad Safei : Jangan Fasilitasi Penambang Emas

KOLAKAPOS, Kolaka–Bupati Kolaka H.Ahmad Safei menginstruksikan langsung kepada Camat Latambanga agar Lurah Sea dan Kolakasi menghimbau masyarakatnya untuk tidak menfasilitasi para penambang ilegal yang akan menuju ke lokasi Tambang. Pasalnya kata bupati ada informasi jika masyarakat dua kelurahan tersebut menfaslitasi para penambang emas ilegal untuk masuk ke lokasi tambang.

Menurut Safei tanpa tambang emas warga Kolaka juga bisa makan enak. Mengapa pertambangan dilarang itu karena wilayah yang di tambang merupakan wilayah kawasan Konservasi dan di dalah wilayah tersebut tidak boleh ada aktifitas apapun .

“Jadi saya berharap masyarakat jangan memberikan fasilitas apapun kepada penambang yang akan mendulang emas. Karena kenyataanya dari ratusan orang yang datang hanya beberapa orang saja yang mendapatkanya. Itu artinya emas itu masih bisa dikatakan tidak ada di lokasi tersebut,” katanya.

Informasi yang beredar saat ini sudah ada beberapa portal yang tujuanya meminta sejumlah uang mulai dari kisaran Rp 5 ribu hingga Rp10 ribu. Dalam kondisi seperti itu mantinya akan memicu kerawanan keamanan dan ketertiban. Sehingga praktik premanisme itu harus di hilangkan.

“Hari ini pos pengamanan untuk menghentikan masyarakat yang akan masuk telah dibuat. Harapan kami masyarakat Kolaka pada umumnya jangan menfasilitasi orang yang akan mendulang. Karena jika terjadi bencana akibat penambangan ilegal itu yang merasakan tentunya masyarakat Kolaka sendiri,”tambahnya (hud/hen)

Click to comment

The Latest

To Top