Presiden Undang Kopral Sutardi dari Buton ke Istana – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Ragam

Presiden Undang Kopral Sutardi dari Buton ke Istana

Babinsa 1413-02/Pasar Wajo Kodim Buton Kopral Sutarji bersama rekannya Babinkamtibmas Polsek Pasar Wajo Polres Buton an. Brigadir Almuhalid, sedang memberikan pelajaran membaca kepada anak-anak di perkampungan suku Bajo Kab. Buton - Dok Penrem

Turunkan Angka Buta Aksara dan Dirikan Rumah Baca

KOLAKAPOS, Kendari–‘Siapa yang menanam dia pula akan menuai’ begitulah yang kini di alami oleh Sutardi, atas karya baktinya kepada rakyat, Pria berpangkat Kopral Kepala (Kopka) tersebut kini mendapat penghargaan Istimewa dari Presiden RI Joko Widodo untuk bersantap siang di Istana presiden.

Kopka Sutardi mendapat penghargaan, sebab telah berhasil menurunkan angka buta aksara cukup signifikan di tempat dia bertugas sebagai Babinsa tiga desa masing-masing Desa Holimombo, Desa Koholimombona dan Desa Bajo Bahari Kec. Wabula Kabupaten Buton. dengan mendirikan Rumah Baca dan perpustakaan keliling.
Menurut Kepala Penerangan Korem 143/Haluoleo Mayor Inf. Azwar Dinata. Senin (1/5), awalnya di Ketiga desa tersebut kini masyarakat yang mampu membaca dan menulis hanya sekitar 10 persen.
“Melihat kondisi tersebut, sekaligus melaksanakan perintah Pangdam VII/Wirabuana sekarang Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti agar seluruh satuan, terutama Kodim, Koramil maupun Babinsa untuk membatu pemerintah meningkatkan derajat pendidikan di daerah. Maka Kopka Sutardi Bersama Babinkamtinnas dan Aparat Desa mendirikan Rumah Baca serta perpustakaan keliling,” katanya.
Tak butuh waktu lama, lanjudnya Dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun rumah baca serta perpustakaan keliling tersebut dapat meningkatkan minat baca masyarakat hal ini dapat dilihat dengan berkurangnya buta aksara penduduk setempat dari 90 % menjadi 45 %.
“Berdasarkan Bratel dari staf Kepresidenan RI atas nama Ibu Tya bahwa satu anggota Kodam XIV/Hasanuddin atas nama Kopka Sutardi, NRP 31960260520876 diundang makan siang di Istana tanggal 2 mei. Itu juga dalam rangka upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional.” jelasnya.
Ditambahkan, aktifitas, kreatifitas dan ketangguhan Kopral Sutardi dalam membangun Sumber Daya Manusia (sDM) di wilayah binaanya, sebelumnya juga telah mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan baik dari Pemerintah maupun masyarakat.
“Sebelumnya Komnas Anak juga pernah mengapresiasi dengan berkunjung langsung ke Rumah baca tersebut,” tandasnyanya.
Diinfokan ke tiga desa tempat Kopka Sutardi bertugas merupakan daerah pesisir dan kepulauan serta terpencil yang warganya didominasi oleh Suku Bangsa Bajo yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat masih memprihatinkan karena infrastruktur dasar di tiga desa tersebut sangat terbatas. Sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat di tiga desa itu masih rendah begitupun tingkat pendidikan dan tingkat kesehatannya. (k1/b/hen)

Click to comment

The Latest

To Top