Aliansi Merah Putih Minta Bubarkan Ormas Anti Pancasila – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Aliansi Merah Putih Minta Bubarkan Ormas Anti Pancasila

Aliansi Merah Putih menggelar aksi bubarkan ormas anti Pancasila di depan kantor DPRD Kolaka.

KOLAKAPOS, Kolaka–Puluhan orang yang menamakan dirinya Aliansi Merah Putih menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Kolaka menuntut agar ormas yang tidak berdasarkan Pancasila dibubarkan. Dengan membawa spanduk dan poster mereka menggelar orasi secara bergantian. Dalam orasinya, Koordinator Lapangan Mas’ud mengatakan bahwa ormas yang ada di Indonesia termasuk di Kolaka harus berdasarkan Pancasila karena menjadi dasar negara. “Melalui kajian yang Sistematis maka pendiri bangsa lr. Soekarno menetapkan Pancasila sebagai dasar Negara yang menjadi pedoman bagi bangsa Indonesia dan perekat dalam menyatukan kemajemukan budaya, etnis dan agama,” terangnya.
Berdasarkan kajian tersebut lanjut Masud, aliansi merah putih sebagai kelompok pemuda merasa bertanggungjawab untuk mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan menolak seluruh upaya kelompok dan golongan manapun yang berniat untuk mengganti pancasila dengan ideologi lain.
Dalam kesempatan itu juga para pendemo menyatakan sikap meminta kepada DPRD mengadakan rekonsiliasi untuk membubarkan organisasi anti Pancasila. Selain itu mereka meminta kepada DPRD untuk membuat Pansus yang bekerja sama dengan aparat kepolisian mendeteksi keberadaan organisasi anti pancasila dan membubarkan kegiatan dan atau pengkaderan yang berkaitan dengan dugaan makar kepada Pancasila.
Para pendemo juga meminta kepada Pemerintah Daerah untuk tidak menerbitkan izin bagi organisasi yang anti Pancasila dan atau mencabut izin bagi ormas yang telah terbukti menolak pancasila sebagai Ideologi bangsa.
Karena para pendemo tidak mau memasuki gedung DPRD akhirnya mereka ditemui di luar oleh Ketua Komisi I DPRD Kolaka Musdalim Zakkir dan Anggota Komisi I Kaharuddin. Selain itu mewakili Pemda Kolaka turut pula menemui para pendemo Asisten II Pemkab Kolaka Kasim Madaria.
Ketua Komisi I Musdalim Zakkir menyatakan apresiasinya kepada para pendemo dan mendukung sepenuhnya tuntutan mereka. Bahkan kata Legislator PKPI itu dirinya akan mengusulkan rapat terkait hal itu. “Kami mengapreseasi, pada dasarnya kita sejalan, DPRD sangat mendukung, untuk itu kami akan melakukan pembahasan dalam rapat nantinya terkait tuntutan ini. Yang pasti kita berada di negara hukum republik Indonesia maka kita harus tunduk dan taat pada aturan, termasuk dalam berorganisasi, dan saya juga meminta kepada Pemda Kolaka untuk tidak memberikan rekomendasi kepada ormas yang anti Pancasila,” paparnya.
Sementara itu Asisten II Pemda Kolaka Kasim Madaria juga menyatakan apresiasinya, dirinya bahkan menjamin tidak akan mengizinkan ormas yang anti Pancasila. Bahkan dia meminta para pendemo untuk memberikan data jika menemukan Ormas anti Pancasila. “Kami meminta agar laporkan ke kami jika memang ada ormas anti Pancasila, nanti kita akan tindak lanjuti,” paparnya. (Cr4/b/hen)

Click to comment

The Latest

To Top