Terkendala Jaringan, Koltim Belum Cetak KTP-El – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Terkendala Jaringan, Koltim Belum Cetak KTP-El

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Tirawuta–Warga Kabupaten Kolaka Timur yang sudah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP_El) harus bersabar. Pasalnya, meski Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sudah memiliki blanko KTP_El dari pemerintah pusat, ternyata belum bisa dilakukan percetakan.

Kepala Disdukcapil, Kolaka Timur Anwar Hamzah menuturkan, belum dilakukannya percetakan KTP-El karena ketersedian jaringan yang menghubungkan langsung pada data yang ada di pusat mengalami gangguan. “Kalau blanko. Kami sudah punya sekitar enam ribu lembar. Tapi, masaalahnya belum bisa dicetak karena masalah jaringan,” ungkapnya kepada wartawan Kolaka Pos, Kamis 27/4).

Belum dicetaknya KTP_El tersebut lanjut Anwar Hamzah bukan hanya terjadi di Kabupaten Kolaka Timur. Namun hampir semua Kabupaten dan Kota se Sulawesi Tenggara pasca mendapatkan blanko belum melakukan percetakan KTP-El dengan alasan ketersedian jaringan. ” Bukan hanya Koltim yang belum melakukan percetakan. Tapi, se Sultra belum. Bahkan informasi yang saya peroleh. Untuk wilayah Indonesia bagian timur, rata-rata belum melakukan percetakan KTP_El. Yang sudah bisa, law saya tidak salah berdasarkan informasi yang saya peroleh, baru di Sulawesi Barat. Itupun belum secara keseluruhannya,” tuturnya.

Untuk itu kata mantan Sekdis Capil Kabupaten Kolaka ini, dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera melaporkan permasalahannya pada pemerintah pusat dalam hal ini Mentri Dalam Negeri yang membidanginya, sehingga ada solusinya. Apakah ada tambahan alat yang di pasang atau bagaimana agar bisa dilakukan percetakan KTP_El. “Jadi, saya harap masyarakat Koltim untuk tetap bersabar. Sebab, pihaknya akan segera melaporkannya permsalahan ini pada pemerintah pusat, sehingga bisa dicarikan solusi,” katanya.

Dengan belum dilakukannya percetakan KTP_El kata Anwar Hamzah, bukan serta merta pelayanan pengurusan KTP_El jadi mandek atau terganggu. Melainkan, semua tetap berjalan dengan normal seperti hari-hari sebelumnya. “Kami masih tetap berlakukan Surat Keterangan bagi warga yang sudah melakukan perekaman KTP_El, sehingga semuanya masih berjalan dengan lancar,” tutupnya. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top