Peternak di Toari Kembangkan Program IB – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Peternak di Toari Kembangkan Program IB

Net/ilustrasi

KOLAKAPOS, Kolaka–Program inseminasi Buatan (IB) yang diterapkan sejak 2015, kini menjadi primadona para peternak di Kecamatan Toari. Pasalnya, para peternak bisa memiliki sapi Brahman Cros.

Salah satu petugas IB di Toari, La Agus mengatakan, saat ini peternak di kecamatan toari sudah sadar akan hasil dari kawin suntik atau program IB.

“Alhamdulilah , saat ini sudah banyak warga yang ingin konsultasi menganai bagaimana sapinya agar bisa di masukan dalam program IB,”ujarnya.

Kata Agus saat ini setiap hari para peternak yang berasal dari kecamatan Toari maupun Watubangga berkonsultasi meganai hewan peliharaannya. Mulai dari peternak kambing maupun sapi telah banyak yang meminta agar ternaknya diberikan vitamin.

“Kalau di Toari penyakit ternaknya tergolong sehat ,karena saat ini petani sudah rutin meyuntik ternaknya dengan vitamin, Saya juga selalu memberikan informasi jika kawin suntik itu bisa berhasil jika kondisi ternak sedang birahi, jadi informasi peternak sangat di butuhkan oleh petugas IB,”katanya.

Badruddin Salah satu peternak sapi di Toari mengatakan sangat bersyukur dengan adanya petugas kesehatan hewan di Kecamatam Toari, bahkan petugas tersebut telah beberapa kali berhasil dalam proses kawin suntik.

“Kami sangat bersyukur dengan program ini karena petugas ini cepat kalau di hububi petani. Hanya saja kami peternak juga ingin mendapat pelatihan mengenai bagaimana cara merawat ternak yang baik dan bagai mana mengerahui hewan yang sedang birahi (minta kawin),karena kata pak agus keberhasilan progran IB tergantung dari kondisi ternaknya,”ujarnya (hud)

Click to comment

The Latest

To Top