Jumlah Kuota Haji Polman Capai 508 Orang – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Jumlah Kuota Haji Polman Capai 508 Orang

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Polman–Setelah mengalami pengurangan jumlah kuota jamaah haji selama lima tahun, kuota haji Kabupaten Polewali Mandar kembali normal. Sebelumnya, sejak tahun 2012 sampai 2016, kuota haji Polman hanya 400, namun mulai tahun 2017 kuota kembali normal menjadi 500. Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Polman, M Athar mengatakan, kembali normalnya kuota haji karena bergantung pada kuota haji secara nasional yang telah mencapai titik normal sebanyak 211.000 kemudian oleh pemerintah Arab Saudi menambahkan 10.000 sehingga mencapai 221.000.

Hal ini kemudian berdampak pada kuota haji Kabupaten Polman yang mencapai 508. “Kuota normal kami sebenarnya hanya 500 tapi ada penambahan kuota sehingga kami juga dapat penambahan 8 sehingga jumlahnya mencapai 508,” katanya, kemarin. Penambahan kuota tersebut kata dia juga berdampak pada daftar tunggu dimana daftar tunggu untuk Kabupaten Polman yang sebelumnya 22 tahun kini hanya 18 tahun.

Namun demikian, pengurangan itu tidak merata atau tergantung dari banyaknya pendaftar haji setiap tahunnya. “Kalau tahun ini tadinya harus menunggu hingga 22 tahun kini menjadi 18 tahun, namun tahun 2016 kebawah itu tidak merata dikurangi 4 tahun, ada yang hanya dikurangi 2 tahun dan 3 tahun tergantung berapa jumlah pendaftar saat itu. Kabar ini patut menjadi berita gembira bagi calon jamaah haji kita,” katanya.

Jumlah total pendaftar jamaah haji hingga saat ini katanya mencapai 8.754 dengan rata-rata lebih dari seribu pendaftar setiap tahunnya mulai dari tahun 2011. “Jadi sederhana itu, jumlah pendaftar dibagi kuota maka itulah hasilnya,” ujarnya. Athar menambahkan, untuk persiapan haji Kemenag Polman akan melakukan bimbingan dan manasik haji usai Ramadan mendatang. Sebab pada bulan Juli pemberangkatan sudah dimulai.
Meski ongkos naik haji mengalami peningkatan, namun tidak menyurutkan jumlah pendaftar calon haji yang justru meningkat setiap tahun. “ONH tahun ini Rp 38,9 juta atau naik sekira Rp 65 ribu,” tutupnya.(parepos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top