Industri Kerajinan dan Kreatif Jadi Penopang Ekonomi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Industri Kerajinan dan Kreatif Jadi Penopang Ekonomi

Jokowi saat membuka International Handicraft Trade Fair (Inacraft) ke-19 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (26/4). Foto: Biro Pers

KOLAKAPOS, Jakarta–Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini, industri kerajinan dan kreatif akan membawa peranan penting dalam menunjang perekonomian di Indonesia.

Sebab, perkembangan industri kerajinan dan kreatif nasional bervariasi serta tumbuh secara menakjubkan.

“Saya meyakini bahwa masa depan Indonesia akan ada di industri kerajinan dan industri kreatif. Ini saya yakini,” ujar Jokowi saat membuka International Handicraft Trade Fair (Inacraft) ke-19 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (26/4).

Menurut dia, Indonesia memiliki banyak perajin kecil dan besar yang dapat menghasilkan karya-karya berkualitas internasional.

“Mulai kerajinan tangan, film, musik, ada aplikasi digital. Modelnya banyak yang unik karena dikerjakan oleh tangan dan kualitasnya sudah berada pada sebuah standar yang sangat baik,” ujar mantan wali kota Surakarta itu.

Namun, usaha di sektor industri kerajinan dan industri kreatif bukan tanpa kendala. Tantangan yang dihadapi para pengusaha adalah soal promosi dan pemasaran.

Karenanya, Jokowi mengajak para perajin dan pengusaha untuk terus berinovasi dalam menggencarkan promosi.

Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menjangkau pembeli.

“Kita harus jemput bola kepada pembeli, jangan justru menunggu pembeli datang menemukan kita. Apalagi interaksi dengan pembeli jauh lebih mudah sekarang ini dengan adanya internet, bisa pakai e-dagang, e-commerce, pakai online store, pakai web,” sebut Jokowi. (fat/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top