Polda Sultra Instruksikan Tutup Tambang Emas – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Polda Sultra Instruksikan Tutup Tambang Emas

Dir Krimsus Polda Sultra Kombes Pol Wira Satya Triputra.FOTO:Dadang/Kolaka Pos 

KOLAKAPOS, Kolaka–Cerita ditemukanya serbuk emas di Kelurahan Ulunggolaka kecamatan Latambaga membuat sebagian masyarakat Kolaka menjadi bahagia. Namun dampak penambangan di hulu sungai Ulunggolaka sudah dipastikan melanggar hukum . Pasalnya lokasi penambangan tersebut berada di kawasan Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA), dan Polda Sultra telah meurunkan tim beberapa waktu lalu ke lokasi tambang emas itu dan sudah bisa dipastikan tambang tersebut melanggar hukum dan akan ditutup.

Dir Krimsus Polda Sultra Kombes Pol Wira Satya Triputra kepada Kolaka Pos mengatakan penambangan yang dilakukan oleh masyarakat Kolaka adalah penambangan yang melanggar hukum karena lokasi penambanga adalah masuk dalam (KSDA),di mana wilayah tersebut tidak boleh ada aktifitas apapun.

“Kami sudah rapat bersama dengan Kapolres Kolaka , unsur DPRD, Pemerintah Kabupaten Kolaka , Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), dan sesuai instruksi dari Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto,” ujarnya.
Dijelaskan, kktivitas penambangan Ilegal yang ada di kolaka ini belum begitu lama sehingga jika saat ini di tertibkan maka petugas belum begitu sulit.
“Padahal dampak dari praktek penambangan ini akan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang luar biasa. Saya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan penambangan lagi. Karena polisi dan tim gabungan dalam waktu dekat akan melakukan penyisiran untuk mengeluarkan penambang,” katanya.

Sementara itu Asisten Adminiatrasi dan Umum Pemda Kolama H.Muh. Bakri mengatakan sangat mendukung jika polisi melakukan penertiban tambang emas yang ada di Manggolo. Pasalnya jika tidak dihentikan hutan yang berada di hulu sungai Ulunggolaka pasti akan rusak.

“Saya mengharapkan masyarakat Kolaka untuk tidak mencari emas di Ulunggolaka, informasi yang mengatakan jika banyak emas disana itu bohong. Saya sudah cek ke lokasi bahkan ada warga yang sudah 5 hari mencari emas namun tidak dapat juga. Itu menandakan di lokasi tersebut tidak mengandung emas,”ujarnya (hud/hen)

 

Click to comment

The Latest

To Top