Pipa dan Kabel Mulai Dipindahkan di Jembatan Tello – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

SULSELBAR

Pipa dan Kabel Mulai Dipindahkan di Jembatan Tello

ILustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Pelebaran Jembatan Sungai Tello mulai digenjot pengerjaannya. Menurut rencana, pekan ini, pelaksana kegiatan akan mulai melakukan pengeboran untuk menjadi lubang menanam tiang pancang.
Pekan lalu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Makassar-Takalar pada Satker Pelaksana Jalan Metropolitan BBPJN XIII, Malik mengatakan masih ada sejumlah utilitas milik PLN, Indosat, dan PDAM Makassar yang perlu dipindahkan karena menghambat pekerjaan.
Namun, keluhan tersebut direspon cepat oleh pemilik utilitas.
Tidak sampai beberapa hari, kata Malik, pihak PDAM, PLN, dan Indosat datang ke lokasi untuk memindahkan kabel maupun pipa yang ada.
“Pihak-pihak terkait utilitas Jembatan Sungai Tello sudah ke lapangan semua, PLN, PDAM, dan Indosat sehingga semua masalah teratasi,” katanya melalui pesan pendek kepada BKM akhir pekan lalu.
Selanjutnya, kata Malik, pihaknya akan menggenjot penyelesaian jembatan tersebut sehingga tahun ini sudah rampung dan bisa digunakan.
Menurut rencana, pekan ini, proses pengeboran sudah bisa dilaksanakan. Diharapkan tak ada kendala berarti yang ditemukan terutama terkait kondisi cuaca saat proses pengeboran.
Kepal Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksana Jalan Nasional Metropolitan BBPJN XIII, Amin Hamid sebelumnya mengatakan, mobilisasi alat untuk melakukan pengeboran sudah dilakukan.
“Pelaksana kegiatan sudah mulai melalukan mobilisasi alat yang akan dilakukan untuk pengeboran. Awalnya diambilkan dari proyek MRR, namun karena kebesaran, diambilkan alat baru. Sudah siap di lokasi alat tersebut, ” kata Amin.
Dia melanjutkan, saat ini, pada posisi arah Makassar, sudah dipasang sand bag dan sheet pile yang nantinya berfungsi untuk membelokkan ombak serta penahan jika dilakukan pengeboran.
Sand bag dan sheet pile itu diletakkan di titik-titik yang akan dibor untuk selanjutnya dilakukan pemasangan tiang pancang.
Ada 10 titik yang rencannya akan dibor. Lima dari arah Makassar dan lima lainnya arah ke Kabupaten Maros.
Malik melanjutkan, tiang pancang yang akan dipasang juga sudah siap. Jika proses pengeboran selesai, tahap selanjutnya tentu pemasangan tiang pancang.
Proyek pelebaran jembatan Tello sebelumnya mengalami kegagalan pemancangan tiang akibat tanggul penahan air jebol. Kontraktor sebelumnya hanya mengandalkan tumpukan kantong pasir yang tak mampu membendung arus sungai yang deras. Diperkirakan, butuh waktu dua minggu untuk pengeboran.
Anggaran yang disiapkan untuk pelebaran Jembatan Sungai Tello sekitar Rp4,1 miliar. (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top