Pendamping PKH Latambaga Helat Berbagai Lomba – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Pendamping PKH Latambaga Helat Berbagai Lomba

Kegiatan Lomba Pendamping PKH dalam rangka memperingati Hari Kartini.FOTO:Mirwanto/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Memperingati Hari Lahir Kartini, pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Latambaga menggelar sejumlah lomba bagi kaum wanita dan ibu di dua kelurahan yaitu Kelurahan Kolakasi dan Kelurahan Sakuli. Kegiatan yang diperlombakan tersebut diantaranya adalah lomba baca puisi, lomba tata rias dan lomba Fashion Show yang berlangsung kemarin (25/4) hingga dua hari kedepan di Aula Kantor Lurah Kolakasi.

Ketua Panitia Lomba sekaligus pendamping PKH Kecamatan Latambaga, Hikma Mirhana mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memeriahkan dan memperingati hari Kartini yang jatuh apda 21 April kemarin. Dia juga mengatakan kegiatan itu terlaksana berkat kerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Kolaka.
“Kagiatan ini adalah dalam rangka mmepringati hari Kartini dan terselanggara atas kerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Kolaka,” terang Hikma Mirhana dalam laporannya saat pembukaan acara tersebut kemarin.
Dia juga mengatakan kegiatan tersebut adalah untuk memberdayakan masayarakat miskin yang mendapat program PKH agar termotivasi dengan semangat juang Kartini. “Kami ingin memberdayakan ibu-ibu penerima bantuan PKH agar mereka termotivasi dengan semangat juang Ibu Kita Kartini, walaupun mereka hanya latihan beberapa hari saja,”ujarnya.
Dia juga menerangkan dipilihnya ketiga jenis lomba tersebut dalam peringatan Hari Kartini karena memiliki makna tersendiri. “Kenapa Lomba puisi, karena saat ini sudah jarang lagi ibu-ibu membaca jadi diuji kemampuan membacanya,lalu kenapa lomba tata rias karena bisa saja diantara 240 orang penerima bantuan ini ada yang pintar merias dan bisa kita masukan dalam lembaga kursus, agar mereka bisa mandiri menjadi Kartini pelopor kebangkitan Kartini di indonesia, lalu kenapa lomba Fashion Show karena kami ingin agar mental ibu ibu bisa kuat berada di depan walaupun bodi dan wajah mereka tidak secantik dan seindah model jakarta,” jelasnya.

Hikma juga berharap dengan adanya lomba ini, para penerima bantuan PKH dapat mengambil hikmah dibalik kegiatan peringatan Kartini tersebut untuk bisa mandiri, kuat dan berani tampil.
Sementara itu, Kadis Sosial Kolaka, Mustajab menayatakn apreseasinya terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Pendamping PKH tersebut. Menurutnya Kegiatan tersebut mengandung makana positif bagi perjuangan kaum ibu-ibu terutama mereka penerima bantuan PKH. “Kami terharu dengan adanya kegiatan ini, sangat sangat mengapreseasinya, dan akhirnya saya bisa melihat penerima bantuan PKH disini secara langsung, Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kita kepada Pahlawan Bangsa Ibu Kita Kartini, karena kalau tidak ada Kartini bagaimana jadinya kaum ibu-ibu,” jelasnya.
Dalam kesempatan itu juga Mustajab menguaraikan bahwa ada 14 ribu masyarakat miskin di Kabupaten Kolaka, namun tidak semua mendapat bantuan Program PKH. Untuk itu dia berharap program tersebut dapat benar-benar berjalan dengan baik. (cr4)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top