Dana BOS Cair Pekan Ini – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Dana BOS Cair Pekan Ini

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Keluhan soal lembatnya pencairan dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) akhirnya terjawab. Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi Sulawesi Selatan sudah memberi angin segar.

Organisasi perangkat daerah (OPD) ini memastikan proses pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) akan dimulai minggu ini. Proses pencairan akan dilakukan langsung ke rekening masing-masing sekolah penerima.
Hal itu diungkapkan oleh Kepala BPKD Sulsel Andi Arwien Azis. Menurutnya untuk SD dan SMP, serta SMA/SMK swasta yang masih bersifat belanja hibah akan ditransfer langsung ke rekening sekolah.
Sementara untuk SMA/SMK negeri yang saat ini sudah di bawah pengelolaan Dinas Pendidikan Sulsel, bentuk pengelolaannya merupakan belanja langsung. Karena itu, anggarannya diserahkan ke Dinas Pendidikan untuk selanjutnya disalurkan ke sekolah.
“Sudah ada keputusan gubernur terkait besaran anggaran masing-masing kabupaten/kota. Kalau sudah ditandatangani oleh gubernur, Kita akan menindaklanjuti untuk proses pencairannya,” kata Arwien di ruang kerjanya, pekan lalu.
Terkait besaran anggaran yang akan disalurkan untuk tingkat SD negeri sebanyak Rp144 miliar untuk 901.570 murid di 6.145 sekolah. Pada tingkat SMP negeri, akan disalurkan Rp67,2 miliar yang diperuntukkan bagi 336.041 siswa di 1.240 sekolah.
Sementara untuk SMA swasta akan dibayarkan Rp8,97 miliar untuk 32.038 siswa. SMK swasta sebanyak Rp11,39 miliar untuk 40.638 siswa. Makassar menjadi daerah yang paling banyak akan menerima bantuan dana BOS.
Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo berjanji, dana BOS untuk SMA/SMK periode Triwulan I dipastikan cair pekan ini. Berbagai persyaratan administrasi telah diserahkan pihaknya ke BPKD Sulsel.
Ia mengakui, memang ada hambatan dalam aturan-aturan baru berkaitan administrasi dana BOS. Misalnya, rencana kegiatan anggaran sekolah yang mesti dibuat oleh masing-masing sekolah.
“Saya sudah dijanji badan keuangan. Insya Allah, dana BOS sudah bisa cair dalam waktu dekat,” kata None, panggilan akrab Irman YL. (bkm/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top