Muna Masuk Organisasi JKPI – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Muna Masuk Organisasi JKPI

Amiruddin Ako.

KOLAKAPOS, Raha–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Muna LM Rusman Emba dan Abdul Malik Ditu, terus melakukan terobosan agar kabupaten Muna kebudayaan dan potensi destinasi wisata yang ada di Bumi Sowite ini dikenal tidak hanya nasional tetapi juga hingga kemancanegara. Hal tersebut dibuktikan pada Rakernas JKPI yang digelar di Gianyar Bali pada 15-19 April lalu Muna telah resmi bergabung dalam organisasi Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI).

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Muna, Amiruddin Ako mengatakan, organisasi JKPI merupakan organisasi kota-kota tua di Indonesia dan pada saat Rakernas, Bupati Muna mengahdiri langsung acara pertemuan tersebut. “Alhamdulillah Muna sudah terdaftar sebagai anggota. Untuk Di Sultra, yang masuk lebih dulu adalah Buton,” ujar pria yang akrab disapa bang Amir ini.
Menurutnya, jumlah anggota JKPI di Indonesia ialah 35 kabupaten/Kota. JKPI ini kata Amir, merupakan organisasi untuk mempromosikan warisan budaya yang ada didaerah masing-masing. Untuk di Muna sendiri, lanjut dia mengatakan melihat fakta Gua Liangkobori sehingga Muna masuk dalam jaringan itu. Selain itu, fakta sisa-sisa peradaban kebudayaan prasejarah sangat banyak ditemukan di Muna “Itulah bukti-bukti kesejarahan sehingga masuk dalam JKPI, ” ungkapnya
Terget Muna masuk dalam organisasi tersebut kata Amir, lantaran dalam forum tersebut, adanya saling kerja sama dengan daerah lain yang masuk dalam anggota, dalam menggenjot destinasi wisata. “JKPI adalah forum antar daerah untuk melestarikan budaya-budaya lokal yang sifatnya lampau. Dan itu menjadi peluang untuk mempromosi potensi yang ada di Muna. Itu sudah menjadi target,” jelasnya. (m1)

Click to comment

The Latest

To Top