Dewan Sorot Rencana Pembangunan 50 Halte BRT – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Dewan Sorot Rencana Pembangunan 50 Halte BRT

KOLAKAPOS, Makassar–Tahun ini, Pemprov Sulsel melalui Dinas Perhubungan berencana akan menambah atau membangun 50 unit halte baru untuk bus rapid transit (BRT). Untuk kepentingan itu, Dishub mengalokasikan anggaran sebesar Rp5 miliar.

Namun rencana itu mendapat sorotan dari DPRD Sulsel pada rapat Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur, di ruang rapat komisi DPRD Sulsel.
Ketua Komisi D DPRD Sulsel, Darmawangsyah Muin menekankan agar Pemprov Sulsel melakukan kajian terlebih dahulu sebelum melaksanakan rencana tersebut.
Pasalnya, dia menilai halte bus yang sudah ada dan terbangun saat ini saja belum beroperasi secara maksimal.
“Pmprov tak boleh asal-asalan membangun halte. Mesti ada kajian-kajian baru,” ungkap Darmawansyah.
Selain dinilai belum terlalu efektif melakukan penambahan halte, penempatannya juga mulai disoal. Seperti yang ada di Kabupaten Gowa. Menurut Darmawangsyah, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN)
mengeluhkan keberadaan empat halte yang justru menghalangi pelebaran jalan. Akibatnya, tidak ada kejelasan terhadap pelaksanaan proyek tersebut.
“Tidak ada kepastian pembangunan fisik sebelum ada koordinasi selanjutnya. Apalagi antara Dishub dan balai,” tegas Darmawangsyah.
Rencananya, pihaknya akan memanggil kembali Dishub dalam rapat evaluasi triwulan satu, pekan depan.
Sementara itu, Kepala Dishub Sulsel, Ilyas Iskandar mengatakan, pembangunan 50 halte baru sudah memasuki tahap perencanaan. Pembangunan fisik, diakuinya memang ditunda dahulu.
“Kita belum bisa memastikan pembangunan fisiknya. Kita ikuti kesepakatan dengan DPRD,” tutur dia.
Jika pembangunan 50 unit halte yang direncanakan tersebut terealisasi, maka jumlah halte bertambah menjadi 100 halte. (fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top