68 CJH Lambandia Akan Diberangkatkan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

68 CJH Lambandia Akan Diberangkatkan

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Tirawuta–Dari total Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Kolaka Timur yakni berjumlah 146 orang. Ternyata, warga yang berdomisili di Kecamatan Lambandia hampir dari setengah peserta CJH Koltim. Pasalnya, Kecamatan Lambandia pada tahun ini, akan memberangkatkan 68 orang. Sisanya berasal dari beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Kolaka Timur.

Kepala KUA Kecamatan Lambandia Sopyan membenarkan hal tersebut. Kepada Wartawan Kolaka Pos, Sopyan menjelaskan, untuk tahun ini, peserta CJH dari Kecamatan Lambandia mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan pemberangkatan CJH pada 2016 lalu. Dimana peserta Jamah Haji tahu hanya berjumlah 17 orang. Sedangkan pada tahun ini, CJH Kecamatan Lambandia mencapai 68 orang.

“Desa yang paling banyak memberangkatkan CJH tahun ini di Kecamatan Lambandia, yaitu Desa Iwoimenggura sebanyak 23 orang,” katanya.

Ada beberapa faktor katanya yang menyebabkan banyak CJH asal Lambandia. Salah satunya adalah hasil panen lada dan cengkeh sejak lima tahun ini. Dimana hasilnya cukup tinggi. Apalagi yang daftar tunggu beberapa tahun lalu akan lebih mudah melunasi ongkos haji.

Selain itu katanya, sekalipun ada sedikit keganjalan pada salah satu jamah haji yang bernama Jumardi asal Penanggosi sudah 5 tahun ini, namun nomornya selalu ada tiap tahun padahal beliu sudah haji sejak 6 tahun lalu. Ini diakibatkan karena sekarang naik haji cukup sekali mendaftar, tidak bisa di doble. “Kami sudah laporkan ke Kakandep Kolaka dan Provinsi tahun lalu kejadian ini. Tapi masih muncul namanya. Ini sudah berlangsung 5 tahun,entah ini rejeki atau kesalahn tehnis,” bebernya.

Sementara itu Kades Iwoimenggura, Sahib yang di wawancarai terkait jamah haji kebanyakan dari desanya menerangkan, ini tak lain adalah hasil panen warga untuk komoditi lada dan cengkeh meningkat 5 tahun ini. Selain itu, karena karakter masyarakatnya gemar menabung. Dimana, kalau hasil panennya tiba, langsung di tabung dan diniatkan untuk naik haji.

“Saya tidak heran kalau warga saya berjumlah 23 jadi CJH Koltim tahun ini. Sebab, mereka sudah merencanakan memang dari awal persiapannya,” tandasnya.. (ing)

Click to comment

The Latest

To Top