Sabulakoa Dicanangkan Jadi Pusat Produksi Hortikultura – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Sabulakoa Dicanangkan Jadi Pusat Produksi Hortikultura

Wabup Konsel Arsalim Arifin saat tiba disalah satu lokasi penilaian lomba desa.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Pemkab Konsel mencanangkan kecamatan Sabulakoa sebagai pusat penanaman singkong gajah. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin, saat mengikuti penilaian lomba desa di desa Tetenggabo, kecamatan Sabulakoa.
“Setelah melihat potensi wilayah (Sabulakoa, red) itu, karena masyarakatnya kebanyakan hasil perkebunannya antara lain singkong gajah. Maka kecamatan Sabulakoa ini kita akan canangkan sebagai pusat produksi Hortikutura,” kata Arsalim.
Menurutnya, salah satu tujuan kegiatan lomba desa selain melakukan penilaian, sekaligus mengevaluasi potensi-potensi yang menjadi unggulan tiap desa.
“Ini nantinya akan disinergikan dengan visi misi RPJMD Konsel kedepan, karena salah satu visi kita adalah mengangkat potensi lokal, contohnya seperti di desa Sabulakoa ini. Sebagaimana dalam program nawa cita Presiden yakni one village one product atau satu desa satu prodak,” ungkapnya.
Mantan Kepala Bappeda Konsel ini menjelaskan, terkait pengentasan kemiskinan di desa, melalui program perumahan tidak layak huni, dimana kecamatan Sabulakoa ditergetkan 2017 akan dituntaskan kurang lebih 200 unit, dari jumlah target 500 unit rumah.
“Target tersebut, dilakukan untuk mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat dan pemenuhan kebutuhan dasar air bersih minimal 80 persen dalam jangka dua tahun sudah harus tuntas,” jelasnya.
Selain itu, lanjut dia, melihat potensi yang dimiliki desa tersebut pihaknya berjanji akan mengusulkan pengadaan PLTS tiap desa yg belum teraliri listrik.
“Jadi inilah salah satu manfaat lomba desa, kita bisa mengetahui secara langsung potensi yang ada, serta mengetahui permasalahan dan keluhan masyarakat kita,” imbuhnya.
Untuk penilaian lomba desa di desa Lalonggapu, kecamatan Landono, Arsalim meminta partisipasi masyarakat dalam mendukung pelaksanaan lomba desa. Selain itu, diharapkan masyarakat bisa mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. (k5)

Click to comment

The Latest

To Top