Pemprov Garansi Sembako Aman di Ramadan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Pemprov Garansi Sembako Aman di Ramadan

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Stok kebutuhan pokok atau sembako untuk wilayah Sulsel aman hingga empat bulan ke depan.

Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Hadi Basalamah mengatakan pihaknya secara intens melakukan pemantauan terhadap harga dan stok seluruh komoditas, termasuk kebutuhan pokok setiap hari.
“Jangan khawatir. Sembako kita, mulai gula, beras, minyak goreng dan lainnya, aman hingga empat bulan mendatang,” kata Hadi.
Intensitas pemantauan akan semakin ditingkatkan menjelang Ramadan dan Idul Fitri mendatang.
Selain itu, lanjutnya, dalam waktu dekat, Gubernur akan mengeluarkan edaran yang akan disebar di seluruh kabupaten/kota, terkhusus kepada bupati/wali kota agar terus memantau stabilisasi harga. Selain itu, akan dilakukan rapat Jumat mendatang untuk mempersiapkan berbagai upaya menghadapi Ramadan dan lebaran.
Dalam waktu dekat, juga akan dibuat posko pemantauan harga dan stok kebutuhan pokok agar selama permintaan meninggi, tetap terjangkau bagi masyarakat.
Berbagai upaya yang dilakukan itu, kata Hadi merupakan agenda pengamanan stok alias early warning sistem agar semua komoditas yang dibutuhkan masyarakat tetap stabil.
“Jadi jangan khawatir. Semua aman dan terkendali,” ungkapnya.
Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menekankan, pihaknya terus berusaha untuk menjaga makannya rakyat. Bukan hanya saat tertentu saat kebutuhan meningkat, namun juga saat fluktuasi permintaan stabil.
Setiap saat, pihaknya terus memantau kebutuhan pokok rakyat agar bisa diperoleh dengan mudah. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, tentu akan dilakukan intervensi pasar.
Orang nomor satu di Sulsel itu melanjutkan, sudah ada prosedur yang harus dilakukan jika terjadi lonjakan harga atau stok kebutuhan pokok kurang. Namun dia meminta masyarakat untuk tidak panik karena sejauh ini, Sulsel aman. Malah untuk beberapa bulan ke depan usai lebaran.
” Yang pasti, kami terus menjaga kebutuhan makannya rakyat. Jangan khawatir soal itu, ” pungkasnya. (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top