Rp38 M untuk Tiga Tower Rusunawa di Sulsel – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Rp38 M untuk Tiga Tower Rusunawa di Sulsel

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Tahun 2017 ini Sulawesi Selatan mendapat jatah dari pemerintah pusat untuk pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) sebanyak tiga unit tower. Lokasi pembangunannya masing-masing di Kabupaten Tana Toraja, Gowa, dan Bone.

Kepala Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Sulsel Zainal Maddatuang menyebut, anggaran yang disiapkan untuk tiga tower itu sebesar Rp38 miliar. Khusus untuk pembangunan di Gowa, kata Zainal, lokasinya di kompleks Unismuh.
“Ini diperuntukkan khusus buat mahasiswa. Jumlah kamarnya 37 unit. Anggarannya kira-kira Rp9 miliar,” bebernya.
Anggaran rusunawa terbesar, lanjut Zainal, ada di Toraja. “Ada satu tower dibangun lima lantai. Dengan jumlah kamar 90 unit. Fasilitas ini dibangun untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Anggarannya Rp21 miliar,” rincinya.
Kemudian terakhir, jatah Sulsel ada di kabupaten Bone.
“Ini sebenarnya bukan model tower, tetapi bentuk barak karena dibangun di lingkungan pesantren. Ada 12 barak dengan anggaran lebih dari Rp8 miliar,” jelasnya.
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PKP2) Sulsel Andi Bakti Haruni, menambahkan tahun lalu ada delapan tower rusunawa dibangun di Sulsel. Ini tersebar di berbagai kabupaten/kota.
Proyek penyediaan perumahan ini dikebut untuk menekan tingkat backlog atau kekurangan hunian di Sulsel yang mencapai 200 ribu-300 ribu rumah. Bakti menyebut, program perumahan sudah mulai dicanangkan dengan Disdik khusus perumahan untuk guru.
“Rencananya, perumahan untuk pegawai non guru kembali akan dilanjutkan tahun ini. Tahun lalu ada 1.000 rumah kita bangun untuk pegawai,” tandasnya. (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top