Pemprov Usul Rp75 M untuk Tol MNP – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Pemprov Usul Rp75 M untuk Tol MNP

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel merampungkan rencana pengembangan jalan tol ke kawasan Makassar New Port (MNP).

Kepala Bappeda Sulsel, Jufri Rahman menuturkan proposalnya sudah diajukan ke pusat. Nilai anggarannya ditaksir mencapai Rp75 miliar. Pelindo IV selaku pengelola MNP merencanakan ada akses jalan baru sepanjang 2 kilometer.
“Rencananya memang ada jalan tol yang terhubung dengan tol eksisting yang tidak jauh dari MNP. Ini juga akan terintegrasi nanti dengan jalur kereta api Trans Sulawesi,” ungkapnya.
Kata Jufri, dengan anggaran pemprov yang terbatas sulit untuk membangun proyek jalan baru termasuk jalan tol. “Makanya kami usul ke pusat. Tahun depan, kami harap tol MNP ini juga bisa menjadi proyek prioritas pusat dibiayai APBN dan bisa segera digroundbreaking,” bebernya.
Selain tol MNP, pihaknya juga mengusulkan beberapa proyek jalan baru. “Seperti pembangunan jalan atau akses ke kawasan industri Bantaeng dengan rencana anggaran Rp1,2 miliar. Proyek jalan yang ada seperti middle ring road juga kami usulkan tahun depan dapat kucuran Rp20 miliar lagi,” tuturnya.
Tahun depan, sejumlah proyek infrastruktur Sulsel sudah dipastikan dapat kucuran dana pusat. Ada enam proyek masuk prioritas. “Bandara Buntu Kunik, Kereta Api Trans Sulawesi Makassar-Parepare, jalan Maros-Ujung Lamuru, Underpass, dan jalan lingkar Toraja,” rincinya.
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo di berbagai kesempatan menuturkan fokus pada proyek infrastruktur transportasi untuk menekan kemacetan kota. Syahrul berambisi membangun kereta ringan dalam kota dan jalan tol dalam kota.
“Ini juga yang didorong Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto. Mari kita bersinergi. Impian saya, ada kereta ringan atau tol dalam kota bisa di-groundbreaking sebelum masa jabatan saya habis,” tandasnya. (bkm/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top