Kapolres Optimis Mayoritas Casis Asal Konawe Lolos Seleksi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Kapolres Optimis Mayoritas Casis Asal Konawe Lolos Seleksi

KOLAKAPOS, Unaaha–Sedikitnya 131 pria dan 15 wanita calon siswa (Casis) anggota Polri asal Konawe, dinyatakan lulus berkas dan akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya di Polda Sultra. Hal itu dikatakan Kapolres Konawe, AKBP Jemi Junaidi, usai memberikan pembekalan di lapangan upacara Mapolres Konawe akhir pekan lalu.

“Dari keseluruhan casis yang mendaftar hanya terdapat tiga peserta saja yang tidak lulus berkas. Itu dari calon peserta Tamtama,” ujarnya.
Bagi para peserta yang lulus, telah mengikuti seleksi berkas yang diverifikasi langsung dari tim eksternal, yakni Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) berkaitan dengan keabsahan dokumen kependudukan dan ijazah peserta.
“Seperti tahun kemarin, seleksi Casis ini melibatkan lintas sektoral, jadi untuk menentukan Casis yang lolos itu berada pada hasil verifikasi dinas pendidikan dan Capil Konawe,” ungkapnya.
Ia berharap, setelah berkas dikirim tidak ada lagi kendala. Sehingga para peserta tersebut, bisa langsung mengikuti tahapan tes selanjutnya yang bakal digelar di Mako Polda Sultra, sesuai dengan jenjang akademik yang dipilih seperti Akpol, Brigadir maupun Tamtama.
Jemi mengaku optimis, bahwa para peserta utusan dari Polres Konawe ini bisa mengikuti tes dengan tekun dan penuh tanggungjawab, serta mendapatkan nilai yang maksimal. Pasalnya, tahun ini pendaftaran khusus di Polres Konawe sedikit berbeda, yakni panitia Pabanrim kiat membina Casis dengan waktu yang telah dijadwalkan.
Untuk itu dengan diprogramkan bimbingan kepada Casis asal Konawe ini, Jemi yakin tahun ini Casis asal Konawe akan mendapat kesempatan lolos terbanyak. Melatih di bidang kesamaptaan (fisik dan mental), tujuannya supaya para peserta bisa melakukan gerakan yang benar saat ujian nanti.
“Karena setiap tahun Konawe ini minim sekali yang lulus. Dan hampir sebagiannya jatuh di ujian ini, untuk itu dari Polres Konawe membuka program bimbingan mental dan fisik kepada Casis,” katanya.
Jemi mengimbau agar saat di Polda nanti para peserta khususnya dari Konawe giat melakukan latihan, serta mengikuti petunjuk jadwal tes. Dia juga menekankan kepada Casis jangan ada tahapan tes yang ditinggal saat berada di Polda Sultra, sebab satu kali tes terlewatkan maka kesempatan menjadi Polri tahun ini pupus.
Untuk diketahui, seleksi penerimaan Polri dilaksanakan sejak 14 Maret-15 April oleh Panitia Pembantu Penerimaan (Pabanrim) secara terpadu dan melibatkan tim dari eksternal. Untuk kuota yang bakal diterima berjumlah 142 anggota se-Sultra. Terdiri dari 133 pria dan 9 wanita. (m4)

Click to comment

The Latest

To Top