90 CJH Koltim Bakal Dirujuk di RS Benyamin Guluh – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

90 CJH Koltim Bakal Dirujuk di RS Benyamin Guluh

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Tirawuta–Setelah dilakukan tes kesehatan 150 peserta warga Kolaka Timur (Koltim) sebagai peserta Calon Jamaah Haji (CJH). Ternyata tidak semuanya dalam kondisi sehat. Sebab, berdasarkan hasil tes tim medis beberapa waktu lalu, telah ditemukan sebanyak 90 dalam kondisi tidak sehat, sehingga peserta harus dirujuk di rumah sakit Benyamin Guluh Kabupaten Kolaka guna mendapatkan proses perawatan.

Kasi penyelenggara haji dan umroh Kemenag Koltim, Muhammad Askal menuturkan, setelah melalui pemeriksaan kesehatan ada sekitar 90 CJH harus dirujuk dirumah sakit Benyamin Guluh Kolaka, karena sakit.

“Sebelum pemberangkatan ke embarkasi nanti kami harus memastikan betul kondisi kesehatan mereka agar benar benar fit dan sehat sehingga tidak mengganggu jamaah lainnya,” terang Askal saat ditemui diruang kerjanya belum lama ini.

Menurut Askal rata-rata CJH Koltim yang bermasalah kesehatannya tersebut menginjak usia 40 tahun keatas. Mereka yang sakit dengan berbagai macam keluhan.

“Kebanyakan penyakit yang diderita seperti asam urat, asma dan penyakit lainnya. Namun tidak ada CJH yang memiliki penyakit yang parah. Melainkan semuanya masih bisa ditangani oleh tim medis,” katanya.

Selain itu, untuk jadwal pemberangkatan JCH Koltim akan dilaksanakan pada Agustus mendatang dan tergabung dalam gelombang kedua. “Itu memang jadwal dari Kemenag Sultra, Koltim mendapat jadwal keberangkatan bulan Agustus. Namun untuk pembagian kloter belum ditentukan yang jelas se-Sultra ada sekitar empat kloter lebih,” ucapnya.

Askal menambahkan JCH Koltim ini kembali akan menjalani tes kedua untuk memastikan kondisi para jamaah. “90 JCH dalam waktu dekat ini akan segera dirujuk dan yang lain akan menjalani tes kesehatan kedua. Kita usahakan rampung bulan ini,” jelasnya. (ing)

Click to comment

The Latest

To Top