Pelunasan BPIH Hingga 5 Mei – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Pelunasan BPIH Hingga 5 Mei

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Maros–Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Maros, Syamsuddin, mengatakan, sesuai arahan Menteri Agama RI, pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk tahun 2017, sudah bisa dilakukan pekan ini.
Untuk tahap awal, kata Syamsuddin, pelunasan dilakukan Senin (10/4) sampai 5 Mei mendatang. Jika sampai 5 Mei calon jamaah haji masih belum melunasi biaya hajinya, maka mereka diberi kesempatan kedua untuk melakukan pelunasan tanggal 22 Mei hingga 2 Juni 2017.
”Tanggal pelunasan BPIH sudah ditentukan. Calon jamaah haji sudah bisa melakukan pelunasan biaya hajinya sekarang. Keputusan dari Kementerian Agama pusat sudah keluar. Pembayarannya dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama mulai 10 April sampai 5 Mei, dan tahap kedua mulai 22 Mei sampai 2 Juni mendatang. Kita berharap semua calon jamaah haji dapat melunasi pembayarannya sampai waktu ditentukan,” ungkapnya.
Syamsuddin menuturkan, penetapan biaya haji, untuk tahun ini untuk embarkasi Makassar sekitar Rp38.972.250. Jumlah tersebut juga berlaku di Kabupaten Maros. Karena calon jamaah haji sebelumnya sudah menyetorkan biaya haji Rp25.000.000, maka jamaah haji sisa menambahkan sekitar Rp13 juta lebih.
”Jadi bila ada calon jamaah haji yang belum mampu melunasi biaya hajinya, maka akan dilakukan pergantian pemberangkatan oleh calon jamaah haji yang memiliki nomor urut dibawahnya. Tapi kami berharap seluruh jamaah haji yang sudah terdaftar sebaiknya melakukan pelunasan, supaya bisa berangkat tahun ini. Apalagi mereka sudah menunggu beberapa tahun,” ungkapnya.
Menyinggung mengenai tim pendamping atau petugas daerah untuk Kabupaten Maros, Syamsuddin menjelaskan, biasanya itu ditentukan bupati Maros. Untuk petugas daerah, diharuskan membayar sekitar Rp54.234.000.
”Tim pendamping atau petugas daerah, tetap harus membayar biaya haji. Cuma sampai saat ini kita belum tahu siapa yang akan ditugaskan untuk mendampingi calon jamaah haji. Mereka diwajibkan membayar Rp54.234.000,” ujarnya.
Untuk tahun ini, jumlah kuota haji kembali normal. Sehingga ada kenaikan dari jumlah sebelumnya yakni 248 orang calon jamaah haji atau meningkat menjadi 310 orang. (bkm/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top