Disdukcapil Gowa Buka Perekaman e-KTP di Desa-desa – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Disdukcapil Gowa Buka Perekaman e-KTP di Desa-desa

Rekam EKTP

KOLAKAPOS, Gowa–Untuk melakukan percepatan rekam KTP elektronik (e-KTP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gowa akan membuka pelayanan perekaman e-KTP secara offline di desa-desa.

Kadis Dukcapil Gowa, H Ambo, di kantornya mengatakan, perekaman offline langsung di desa-desa dan kelurahan ini akan disebar pada 167 desa atau kelurahan pada 18 kecamatan di Gowa.
Dikatakan Ambo, terkait perekaman offline ini, pihaknya akan menurunkan petugas perekam sebanyak delapan orang untuk ditempatkan pada 50 titik tempat perekaman. Perekaman di desa ini dilakukan bertahap dengan satu kecamatan empat titik perekaman.
Untuk tahap pertama perekaman dilakukan di Kecamatan Tompobulu dengan tiga titik yakni di kantor kecamatan, Desa Rappolemba dan Desa Datara mulai 17 sampai 19 April. Kemudian petugas perekaman berpindah ke Kecamatan Biringbulu dan selanjutnya.
”Karena itu, kami imbau kepada masyarakat khususnya yang belum pernah direkam identitasnya agar segera melakukan perekaman pada tempat yang telah disiapkan. Kami juga imbau masyarakat di Tompobulu agar memanfaatkan peluang ini sebab sudah langsung dilakukan di daerah anda tanpa harus ke kantor dinas di ibukota kabupaten,” jelas H Ambo didampingi Humas Dinas Dukcapil Gowa, Helmi Husain.
Dijelaskan, jumlah penduduk Gowa saat ini sebanyak 750.650 jiwa. Di antara jumlah itu, sebanyak 534 ribu lebih yang wajib KTP. ”Posisi sekarang yang telah merekam e-KTP sudah 82,52 persen dan masih ada tersisa 17,50 persen. Dari 17,50 persen ini, sekarang masih ada beberapa persen jiwa yang belum merekam e-KTP. Karena itu kita telah lakukan rekapitulasi wajib e-KTP untuk seluruh kecamatan,” jelasnya.
Ditambahkan, dilakukannya perekaman offline ini di desa-desa agar seluruh desa yang berjumlah 167 bisa cepat terlayani tanpa harus ke ibukota kabupaten merekam identitasnya. ”Ini juga untuk menghindari penumpukan pelayanan di dinas sehingga kita buka perekaman di kecamatan,” kata Ambo.
Terkhusus pelayanan pada bulan Ramadan mendatang, kata Ambo, pihaknya fokus pelayanan untuk wilayah kecamatan rendah seperti Kecamatan Somba Opu dan Pallangga. Alasannya, karena dua kecamatan ini paling besar jumlah penduduknya.
”Kecamatan yang paling banyak warga belum merekam adalah Somba Opu yakni 158 ribu lebih dan Pallangga 150 ribu lebih jiwa penduduknya. Bahkan untuk percepatan perekaman ini karena ada warga Gowa yang menjadi tenaga kerja di kota lain maka Dinas Dukcapil membuka pelayanan setiap Sabtu dan Minggu pukul 10.00 sampai 16.00 Wita mulai pada 22 April mendatang sampai sebelum Ramadan,” kata Ambo. (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top