Kapolres Konsel Mediasi Kasus Pembakaran Kapal – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Kapolres Konsel Mediasi Kasus Pembakaran Kapal

Kapolres Konsel (kanan) saat melakukan mediasi kepada keluarga terduga pelaku pembakaran kapal.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Dua warga Desa Panambea Barata, Kecamatan Moramo, Konsel, atas nama La were (45) dan Askar (30), diamankan anggota Polsek Moramo atas dugaan telah melakukan pembakaran kapal milik Daeng Jamal, Jumat (14/4) lalu.

Kapolsek Moramo AKP Hendri Rafiles menjelaskan, Direktorat Polisi Perairan (Dit-Polair) Sultra langsung mengamankan pelaku, karena kejadian tersebut merupakan wilayah hukum Dit-polair di perairan Moramo-Moramo Utara, Konsel. Pelaku telah dibawa ke Mako Polair oleh Brigadir Arif dan Brigadir Mustakim Pos Polair Kolono.
“Pada pukul 10.30 Wita sekitar 30 orang warga Desa Panambea Barata, mendatangi Polsek Moramo ingin membesuk dua pelaku tersebut. Namun warga yang akan dibesuk telah dibawa ke Dit-Polair. Kami langsung memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait penangkapan ini dan prosesnya di Dit-Polair, namun setelah diberikan penjelasan warga tersebut tidak menerima dan malah menyalahkan pihak Polsek, karena keluarganya dijemput oleh Dit-Polair,” jelasnya.
Ia menambahkan, Polsek Moramo hanya diminta untuk membantu menjemput kedua pelaku, karena diduga melakukan pelemparan bom molotof ke perahu Daeng Jamal, yang mengakibatkan perahu terbakar.
“Selanjutnya kedua pelaku dibawa ke Dit-Polair untuk dimintai keterangan. Mendengar penjelasan tersebut, akhirnya warga membubarkan diri dengan melakukan ancaman, apabila ada apa-apa dengan keluarganya maka mereka akan membakar Polsek Moramo,” ungkapnya.
Atas kejadian itu, Kapolres Konsel AKBP Yeyen Lesmana S.IK langsung turun lokasi untuk melakukan negosiasi pada pukul 16.00 Wita, di Kelurahan Poasia, Kecamatan Abeli, Kota kendari, Jalan Bhayangkara Bahari No.1 dengan masyarakat Desa Ponembea Barata atas permasalahan tersebut.
“Setelah diadakan negosiasi warga bersedia membubarkan diri, dengan kesepakatan akan dilakukan mediasi secepatnya dan diatur secara kekeluargaan,” jelasnya. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top