Rais Galu dan Fairin Amrinah Resmi Mendaftar ke NasDem! – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Rais Galu dan Fairin Amrinah Resmi Mendaftar ke NasDem!

Rais Galu saat menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg melalui Partai NasDem yang diterima Ketua Bapilu, Ashadi Jaya dan didampingi Sekertaris DPD NasDem Kolaka, Sumardin.FOTO:ist/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Mantan Asisten III Setda Pemda Kolaka, Rais Galu dan seorang pengusaha muda, Fairin Amrinah Sirang, resmi menyerahkan berkas Bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD Kolaka melalui Partai NasDem, Rabu (12/4).
Rais Galu menyerahkan berkas pencalonannya di sekertariat DPD NasDem sekitar pukul 10.15 Wita. Sedangkan Fairin Amrinah Sirang menyerahkan berkasnya didampingi suaminya yang juga pengusaha ternama di Kolaka, Ismail Nusar sekitar pukul 15.45 Wita.
Usai menyerahkan berkasnya secara sombolis. Rais Galu yang juga mantan Kadis Pariwisata Kolaka menuturkan tekad politiknya maju sebagai calon wakil rakyat melalui Pilcaleg 2019 nanti karena dirinya mendapat dukungan masyarakat. “Dunia politik tidak asing bagi saya. Sebab, saat menjadi pejabat birokrasi, tugas saya banyak bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat termasuk menjadi mitra kerja legislatif. Pengalaman itu semua tentu mematangkan saya untuk kembali mengabdikan diri untuk kepentingan masyarakat,” tutur Rais Galu.
NasDem menjadi perahu politiknya menuju parlemen. Mantan camat Pomalaa ini mengatakan bahwa dirinya kagum dengan manifesto yang ditawarkan partai besutan Surya Paloh dengan jargon Gerakan Perubahan Restirasi Indonesia.
“NasDem ini partai yang membawa nuansa baru dalam perpolitikan tanah air. Salah satu contoh konkrik, yakni mengusung calon kepala daerah tanpa mahar. Dan, itu juga sangat jelas dan konsisten juga dalam perekrutan Bacaleg ini tanpa ada pungutan biaya apapun bentuknya,” terangnya.
Hal senada juga disampaikan Fairin. Dikatakannya, awalnya ia tak tertarik tampil dipentas politik. Namun hatinya tergugah maju menjadi wakil rakyat ketika memperhatikan perjuangan politik NasDem betul-betul berpihak kepada rakyat. Bahkan yang patut diapresiasi NasDem setiap kontestasi Pilkada paling cepat memberikan rekomendasi usungan kepada calon kepala daerah tanpa ada istilah mahar politik.
“Bahkan Caleg yang terpilih juga tidak diwajibkan bayar kontribusi kepada partai. Artinya hanya bersifat sukarela. Ini menjadi langkah yang baik sehingga kader partai baik di eksekutif maupun di legislatif benar-benar fokus memperjuangkan kepentingan masyarakat,” tutur Fairin.
Ketua Bapilu, Ashadi Jaya menjelaskan terkait pendaftaran Bacaleg NasDem tahap pertama telah berlangsung sejak 15 April 2017 dan akan berakhir 20 April 2017.
“Pendaftaran akan kembali dibuka tahap kedua. Soal waktunya akan menunggu petunjuk dari DPP,” kata Ashadi.
Dijelaskannya, sejak pendaftaran dibuka, animo masyarakat cukup banyak yang mengkonfirmasi langsung mengenai persyaratan administrasi.
“Sudah ratusan orang yang datang menanyakan persyaratan. Alhamndulillah sudah belasan yang mendaftar,” jelasnya.
Menurut Ashadi, jumlah akan terus bertambah setelah undang-undang Pemilu yang baru dItetapkan oleh DPR RI. “Yang sikap politik NasDem di DPR RI menyetujui sistem proporsional terbuka atau sama seperti Pilcaleg 2014 lalu. Tapi kita tunggu saja proses politik di DPR,” terangnya.
Sedangkan untuk pembagian Daerah Pemilihan (Dapil), Ashadi perkirakan akan terbentuk 4 Dapil. Bahkan diprediksi jumlah anggota DPRD Kolaka akan bertambah dari 30 menjadi 35 anggota.
“Itu informasi yang saya peroleh dari KPU Kolaka. Tapi ini masih sebatas wacana. Resminya menunggu Undang-Undang Pemilu yang akan segera ditetapkan oleh DPR RI,” tutupnya. (cr1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top