PAD TPI Soropia Merosot – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

PAD TPI Soropia Merosot

KOLAKAPOS, Unaaha–Awal diaktifkannya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) kecamatan Soropia 2012 lalu, pemerintah kabupaten Konawe mengalami peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari TPI ini, namun penghasilan ini tidak bertahan lama, setelah fasilitas yang ada di TPI tersebut belum juga dilengkapi.

Pada awal beroperasi, PAD yang dihasilkan TPI Soropia bisa mencapai Rp700 juta hingga Rp800 juta pertahun, hanya saja PAD ini tidak bertahan hingga saat ini, terhitung 2014 PAD TPI ini mengalami penurunan hingga berpuluh kali lipat hingga saat ini PAD dari TPI ini tinggal Rp50 juta pertahun yang diterima daerah.
“Waktu TPI tidak bermasalah segi pendapatan kita mencapai ratusan juta pertahun,” ungkap ketua Komisi II DPRD Konawe, Ardin.
Penurunan nilai PAD di TPI ini, imbuh Ardin, disebabkan karena tidak adanya stok solar untuk para nelayan dan penyediaan es balok untuk mendinginkan ikan hasil tangkapan nelayan, yang pada akhirnya nelayan melakukan bongkar muat di TPI Kendari. Jika ditinjau dari penunjang yang tersedia, Pemkab Konawe telah mengeluarkan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) sebanyak 318, yang artinya jumlah ini yang akan memberikan konstribusi PAD Konawe.
“Masalahnya sekarang adalah kapal-kapal penangkap ikan lebih memilih berlabuh di pelabuhan TPI Kendari, ketimbang di pelabuhan TPI Soropia.” ujar kader PAN ini.
Untuk itu, Ardin berjanji akan melakukan konsultasi ke pihak penyedia BBM untuk kembali memasok solar di TPI Soropia, bahkan dia akan melakukan komunikasi dengan Kementerian Perikanan. “Kami akan coba mendesak depot pertamina kalau perlu kami akan berkonsultasi dengan Kementerian Perikanan, untuk membantu masyarakat agar kembali membeli solar,” tandasnya. (m4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top