Danny Mulai Keluhkan Stok Blanko e-KTP – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Danny Mulai Keluhkan Stok Blanko e-KTP

Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

KOLAKAPOS, Makassar–Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menanggapi kekosongan blanko Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik yang hampir terjadi di seluruh di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di tanah air.

Akibat kekosongan ini, Pemerintah Kota Makassar terpaksa menerbitkan surat keterangan pengganti e-KTP, Surat Keterangan (Suket).
“Permasalahannya, blanko itu pengadaannya oleh pusat tidak bisa masing-masing daerah. Di Makassar sendiri tercatat sudah ada 50 ribu lebih warga yang telah melakukan perekaman namun belum juga mendapatkan KTP elektronik itu, jadi sebagai pengganti KTP sementara diberikan Suket,” terang Danny, sapaan wali kota.
Menurut Danny, keabsahan Suket tersebut bisa saja menimbulkan kontroversi atau persoalan lain di kalangan pemerintah maupun swasta. Pasalnya Suket tersebut bisa saja digandakan dengan mudah dan disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.
“Jangan sampai Suket ini disalahgunakan, soalnya gampang sekali digandakan. Jadi harusnya ada diskresi dari pemerintah pusat untuk segera mendistribusikan blanko e-KTP tersebut,” harapnya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Makassar, Nielma Palamba menyatakan blanko kartu tanda penduduk elektronik mulai didistribukan ke Makassar bulan ini, April 2017.
Berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, ada sekitar 10 ribu blanko yang sudah dikirim. Namun, jumlah tersebut diakui Nielma masih jauh dari yang dibutuhkan, sebab Disdukcapil membutuhkan sekitar 70 ribu blanko untuk memenuhi kebutuhan warga. (fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top