Ratusan Pejabat Eselon IV Pemkab Koltim Dikukuhkan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Ratusan Pejabat Eselon IV Pemkab Koltim Dikukuhkan

KOLAKAPOS, Tirawuta–Penantian panjang para ASN lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) berakhir sudah. Pasalnya, Pejabat eselon IV resmi dikukuhkan atau diambil sumpahnya untuk menjalankan roda pemerintahan hingga beberapa waktu kedepan. Pelantikan eselon IV tersebut untuk pertama kalinya di lakukan di Kolaka Timur sejak diberlakukannya PP No 18 tahun 2016 terkait Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada 2017 ini.

Pelantikan tersebut dipusatkan di aula eks rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ((DPRD) Kabupaten Kolaka Timur, senin (10/4). Pengambilan sumpah ratusan pejabat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah dan turut disaksikan langsung oleh wakil Bupati Kolaka Timur Andi Merya Nur dan beberapa pimpinan SKPD.

Adapun jabatan yang dilantik diantaranya Kepala Lurah, Sekretaris Lurah dan kepala seksi kecamatan serta kepala puskesmas maupun jabatan lainnya.

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah mengingatkan seluruh pejabat yang dilantik agar selalu loyal dan patuh pada atasan. Selain itu, diharapkan terus berbuat untuk kemajuan daerah dan peningkatan kesejahtareaan pada masyarakat Koltim.
“Pemahaman dan penguasaan akan tiga prinsip utama dalam pemerintahan patut ditanamkan. Yakni, penguasaan atau kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan akan spiritual atau iman dan takwa kepada tuhan yang maha esa,” katanya.

Untuk itu katanya, pejabat yang dilantik harus punya pengetahuan dan wawasan yang luas. Lalu, emosional harus bisa dikendalikan dengan baik. “Yang terpenting adalah keimanan dan ketkwaan kita pada tuhan yang maha esa. Sebab, semua akan sia-sia kalau kita tidak pernah kembali berserah diri dan mengingat tuhan sang pencipta,” pesan Ketua DPW Partai Nasdem Sultra ini.

Selain itu, untuk para lurah, harus bisa menempatkan diri di masyarakat sebagai pejabat semi pemerintahan dan politik. Sebab, lurah sebagian dari jabatan ini adalah birokrasi mengingat sebagai ASN. Dan sebahagian sebagai jabatan politik karena terlibat langsung dengan masyarakat setempat.

“Meskipun lurah jabatan yang sangat kecil, tapi anda adalah kepala wilayah. Untuk itu, saya perintakan lurah untuk menyampaikan masyarakatnya agar memiliki penghasilan tambahan,” katanya.

Untuk itu Ia berharap khususnya Lurah, untuk menyampaikan masyarakatnya agar menanam cabai.

“Ini salah satu program Bupati dan Wakil Bupati tinggal dijabarkan pada masyarakat dalam menanam cabai. Supaya masyarakat juga dapat memiliki penghasilan tambahan,” tutupnya. (ing)

Click to comment

The Latest

To Top