Dipancing Pakai Ayam, Buaya Kanal Tertangkap – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Dipancing Pakai Ayam, Buaya Kanal Tertangkap

BKM/ISHAK MAPPELAWA BUAYA KANAL-BUAYA BERUKURAN 1,5 METER YANG SERING MUNCUL DI KANAL SAMPING KANTOR CAMAT PANAKKUKANG BERHASIL DITANGKAP WARGA.

KOLAKAPOS, Makassar–Telah cukup lama warga yang bermukim di samping kantor camat Panakkukang resah. Pemicunya, seekor buaya berukuran besar sering menampakkan diri di tengah kanal yang melintang di wilayah ini. Keberadaannya dikhawatirkan akan mengganggu mereka.

Kini, hewan buas pemangsa itu telah tertangkap. Setelah diukur, penjangnya mencapai 1,5 meter.
Proses penangkapan berlangsung Sabtu petang (8/4) Wita. Seperti biasanya, kemacetan di ruang jalan inipun langsung terjadi.
Bermula ketika seorang warga berinisiatif memancingnya menggunakan umpan ayam. Benar saja, umpan tersebut langsung disambar sang buaya. Warga kemudian beramai-ramai mencarinya. Predator itupun berhasil ditangkap. Setelah diikat, langsung dinaikkan ke daratan.
Informasi yang diperoleh, yang memancing buaya tersebut adalah seorang anggota Jasda Kodam Hasanuddin, yakni Serka Sultan. Ia mulai memasang umpannya pukul 17.00 Wita.
Menjelang Magrib, Serka Sultan meninggalkan pancing dengan umpan ayam tersebut. Ia kemudian menunaikan salat magrib.
Usai sembahyang, Sultan datang ke pinggir kanal mengamati pancingnya. Ternyata umpannya sudah tidak ada. Diapun kembali memasang ayam di ujung mata pancing. Dalam waktu yang tidak lama umpan itupun hilang.
Saat menurunkan umpan ayam untuk yang keempat kalinya, skenario penangkapan pun disusun. Alhasil, buaya itupun bisa tertangkap mata pancing.
Karena cukup berat, tubuh buaya tak bisa diangkap menggunakan jeroan pancing. Warga sekitar kemudian berbondong-bondong membantu Serka Sultan menjinakkan hewan buas tersebut. Mulutnya diikat dengan tali untuk kemudian dibawa ke darat.
”Saya pakai umpan ayam empat kali. Nanti yang keempat baru buayanya bisa ditangkap. Ini kami lakukan, karena warga di sini sudah lama cemas. Jangan sampai timbul korban jiwa,” terang Serka Sultan.
Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Panakkukang untuk membawa buaya tersebut ke penangkaran. Dia berharap, dengan tertangkapnya buaya ini, keresahan warga sekitar sudah tidak muncul lagi.
Camat Panakkukang Thahir Rasyid yang dihubungi malam tadi, mengatakan buaya yang ditangkap warga telah diserahkan ke balai penangkaran. ”Petugas dari penangkaran yang datang menjamputnya sesaat setelah ditangkat,” ujar Thahir. (bkm/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top