Berkeliaran di Jalan, Hewan Ternak Bakal Diamankan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Berkeliaran di Jalan, Hewan Ternak Bakal Diamankan

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Kolaka–Warga Kolaka sebaiknya mengurung hewan ternaknya di kandang. Pasalnya, bila kedapatan sedang berkeliaran di jalan akan diamankan. Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengatakan, pihaknya juga telah memberikan himbauan kepada warga sekitar Jalur By Pass yang memiliki hewan ternak agar memelihara ternaknya dengan baik. Sebab, dirinya telah menginstruksikan pihak terkait untuk mengambil langkah tegas jika nantinya ditemukan hewan ternak yang berkeliaran di lokasi tesebut dan merusak tanaman.

“Kalau masih ada ternak yang ditemukan berkeliaran dan merusak tanaman, maka Satpol PP akan langsung menangkapnya dan kemudian diamankan ke pulau. Ini bukan hanya sekedar ancaman. Karena sudah ada beberapa hewan ternak warga yang ditangkap dan dibawa ke pulau,” tukasnya.

Menurutnya, saat ini bamyaknya kambing yang berkeliaran di sepanjang jalan By Pass Pomalaa-Kolaka membuat Pemda Kolaka khawatir. Selain dapat membahayakan keselamatan para pengendara motor yang melintas di jalur tersebut, keberadaan hewan ternak warga yang tidak dikandangkan itu, juga dikhawatirkan akan merusak tanaman.

“Kalau ada kambing yang berkeliaran dan merusak tanaman, maka akan langsung kami amankan,” kata Bupati Kolaka, H Ahmad Safei

Lanjut ia mengatakan nanti jangan salahkan pemerintah kabupaten jika ada kambing yang di angkut ke pulau.

“Kambing berkeliaran di Bypass itu membahayakan pengendara, selain itu kambing juga bisa dikatakan sebagai hama yang bisa membunuh tanaman Pelindung di sepanjang jalan Bypass Kolaka-Pomalaa. Jadi kalau masyarakat tidak mau kambingnya di tangkap dan di lemparkan ke pulau sebaiknya buat kandang, ” ujarnya (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top