Agustus, Calhaj Kolut Siap Berangkat ke Tanah Suci – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Utara

Agustus, Calhaj Kolut Siap Berangkat ke Tanah Suci

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Lasusua–Sebanyak 144 Jumlah Calon Jamaah Haji (Calhaj) pada Agustus mendatang akan bertolak ke tanah Suci. Pemberangkatan jamaah haji kali ini lebih sedikit dibanding dengan tahun sebelumnya.

Kepala Kementerian Agama Kolaka Utara, Baharuddin mengatakan, jumlah kuota jamaah haji telah ditentukan sesuai dengan kuota jamaah haji yang diperoleh untuk wilayah Sulawesi Tenggara berdasarkan jumlah Calon Jamaah Haji daerah masing-masing.
“Ada 149 Jamaah Haji yang akan berangkat tahun ini yang sudah keluar nomor porsinya dan sudah ada penambahan 11 orang jadi 155 orang sudah termasuk penambahan,” ujarnya.
Lebih lanjut dia menuturkan, bahwa saat ini jumlah Calhaj Kolut yang masuk dalam daftar tunggu sebanyak 2144 orang dan akan bertahap berangkat hingga 16 tahun kedepan.

Meski sebelumnya Jumlah Calhaj yang mengantri hingga 24 tahun namun dengan adanya penambahan Kuota sehingga jumlah antrian juga berkurang.
“Kalau sebalumnya Calhaj yang akan berangkat akan mengantri hingga 25 tahun tapi setelah adanya penambahan kuota jumlahnya berkurang hingga 16 tahun,”katanya.
Apalagi Kata dia Animo Masyarakat Kolaka Utara untuk berkunjung kerumah Allah itu setiap tahunya tidak pernah surut seperti diketahui sekitar 400 orang setiap tahunya yang mendaftar untuk berangkat melaksankan rukun Islam yang ke 5 tersebut.
“Kalau setiap tahun yang mendaftar itu rata-rata 400 orang, dan kalau tahun ini mendaftar diprediksi akan naik 16 tahun kemudian, setipa tahunya juga ada Calhaj yang batal berangkat Haji kemudian bisa diganti dengan jemaah haji yang lain yang sudah lama ikut mendaftar”tandasnya.(cr2/b)

Click to comment

The Latest

To Top