Kades Solewatu Bantah Selewengkan Insentif BPD – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Kades Solewatu Bantah Selewengkan Insentif BPD

Kepala Desa Solewatu, H. Ali.

KOLAKAPOS, Tirawuta–Polemik raibnya insentif salah seorang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Solewatu Kecamatan Tinondo Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) yang mencuat beberapa waktu lalu akhirnya terkuak. Insentif anggota BPD bernama Jumardin itu diketahui sudah tak pernah diterimanya sejak triwulan ketiga tahun 2015 hingga saat ini. Akibatnya, Jumardin menduga Kepala Desa Solewatu, H. Ali yang menggelapkan insentifnya itu.

Menanggapi dugaan penggelapan insentif yang diarahkan kepadanya, Kepala Desa Solewatu, H. Ali mengatakan bahwa adanya dugaan anggota BPD di desanya yang menduga dirinya telah menggelapkan insentifnya adalah sama sekali tidak benar. Malah kata Ali, hal ini muncul karena adanya kesalahpahaman saja antara Anggota BPD, Ketua BPD dan dirinya.

“Terus terang saya sama sekali tidak pernah mempunyai niat untuk tidak memberikan apalagi menggelapkan insentifnya Jumardin, sebab dana yang merupakan haknya itu setiap pembayaran insentif saya serahkan kepada ketua BPD Solewatu, Syamsuddin. Namun Syamsuddin yang tidak menyampaikan insentaifnya itu kepada Jumardin, akibatnya saya yang diduga menggelapkan insentifnya itu,”terang H. Ali.

Sebenarnya kata Kades Solewatu, salah satu penyebab dirinya menyerahkan dana insentif tersebut kepada Jumardin lantaran dirinya sangat jarang ditemui di Desa Solewatu selama ini, termasuk saat dilaksanakan rapat di desa.

“Memang selama ini Pak Jumardin sudah jarang di desa, termasuk menjalankan tugasnya sebagai anggota BPD. Namun karena secara resmi dia belum diberhentikan dari pengurus BPD maka insentif yang merupakan haknya itu tetap kami bayarkan ke ketua BPD, Syamsuddin. Jadi dananya itu tetap tersimpan sama ketua BPDnya,”terang H. Ali.

H. Ali menegaskan bahwa terkait Dana insentif Jumardin dirinya sudah serahkan kepada Syamsuddin selaku Ketua BPD di Desa Solewatu, termasuk yang berkaitan dengan masalah kinerjanya yang telah lama tidak pro aktif dalam melaksanakan tugasnya sebagai anggota BPD.

“Itu saya sudah serahkan kepada Syamsudin selaku Ketua BPD. Untuk mencarikan solusi terbaiknya saja. Tandas H Ali

Ketua BPD Desa Solewatu, Syamsuddin yang dikonfirmasi membenarkan jika insentif salah satu anggota BPD di desanya itu memang diterimanya dari kades Solewatu. Hanya saja kata dia, karena Jumardin selama ini sulit ditemui dan jarang menjalankan tugasnya maka dirinya menahan insentif tersebut dengan harapan yang bersangkutan bisa menemuinya.

” Memang benar jika insentifnya Jumardin itu saya yang menerima dan menyimpannya. Namun karena selama ini dia belum bisa saya temui maka dananya itu saya belum serahkan. Namun bukan berarti saya tidak mau menyerahkannya, hanya saja saya akan memberikan perhatian khusus kepadanya karena selama ini dia sudah sangat lama tidak menjalankan tugasnya,”terang Ketua BPD. (m2/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top