Perbankan Diminta Genjot Kredit Lunak untuk UMKM – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Perbankan Diminta Genjot Kredit Lunak untuk UMKM

KOLAKAPOS, Palangkaraya–Untuk mengembangkan ekonomi masyarakat, khususnya yang bergerak di bidang usaha besar, unit mikro, kecil dan menengah atau UMKM, memerlukan dukungan kalangan perbankan. Salah satunya melalui pemberian kredit lunak kepada para pelaku UMKM.

Untuk itu juga diperlukan kerja sama saling menguntungkan antara pemerintah daerah dan pihak perbankan.

“Kami ingin perbankan seperti Bank Mandiri ini dapat bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mendukung pembangunan, khususnya perekonomian masyarakat,” sebut Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat kunjungan ke Bank Mandiri Cabang Palangka Raya.

Menurut dia, tujuan utama pembangunan di daerah itu adalah bagaimana upaya meningkatkan perekonomian, perdagangan dan industri.

Selain itu, juga untuk peningkatan investasi, pengentasan kemiskinan melalui perbaikan ekonomi rakyat, menumbuhkembangkan UMKM untuk kesejahteraan masyarakat.

“Guna memajukan sektor perekonomian ini diperlukan peranan seluruh pihak, termasuk kalangan perbankan. Terutama perannya dalam permodalan bagi masyarakat pengguna jasa keuangan, khususnya pelaku usaha baik besar, menengah maupun pelaku usaha kecil,” ungkap Sugianto.

Menuurt Sugianto, dari kunjungan dan pertemuannya dengan berbagai pelaku UMKM, salah satu kendala utama yang dihadapi adalah bagaimana para pelaku itu bisa mendapat permodalan cukup.

“Karena dana yang dimiliki pemerintah terbatas untuk bisa membantu mereka, mengingat pemerintah juga harus membangun infrastruktur dan bidang lainnya. Di sinilah saya ingin perbankan berperan aktif, termasuk Bank Mandiri. Apalagi bank ini adalah BUMN,” ujarnya. (jpnn)

Click to comment

The Latest

To Top