DPRD Bakal Revisi Perda Pembentukan Desa Morehe – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

DPRD Bakal Revisi Perda Pembentukan Desa Morehe

Anggota komisi I DPRD Konawe, Jumrin Haba.

KOLAKAPOS, Unaaha–Keberadaan Desa Morehe, kecamatan Uepai, yang terletak di wilayah kawasan hutan lindung dan masuk wilayah kabupaten Kolaka Timur (Koltim), membuat DPRD Konawe akan merelokasi wilayah kedudukan desa tersebut, hal ini setelah anggota komisi I DPRD Konawe lakukan kunjungan ke wilayah itu.

Saat kunjungan tersebut, anggota komisi I DPRD Konawe, Jumrin Haba menuturkan, desa Morehe yang sudah dibentuk sekitar 12 tahun lalu saat bertatap muka oleh warga desa Morehe, warga desa Grandis dan desa Rawua, menyampaikan kesepakatan warga termasuk pemerintah kecamatan untuk merelokasi desa Morehe di wilayah desa tetangga.
“Kepala desa Rawua menyetujui jika wilayah desanya diberikan ke desa Morehe, pemerintah kecamatan juga setuju akan usulan itu, melihat wilayah desa Rawua khususnya dusun tiga memiliki wilayah yang cukup luas, dan berbatasan dengan desa Morehe,” ucapnya.
Meski sudah ada solusi yang didapat saat pertemuan itu, akan tetapi dewan tidak langsung menyetujui atas usulan itu, karena akan disampaikan dahulu ke anggota dewan dan selanjutnya akan dibahas dan diverifikasi wilayah yang dimaksud.
“Sepanjang desa tidak memenuhi persyaratan maka desa itu harus dihapus, apalagi adaya kebijakan pemerintah yang melarang wilayah desa masuk di kawasan lindung,” kata Jumrin.
Sementara itu, Ketua DPRD Konawe Gusli Topan Sabara, menerangkan jika desa Morehe yang terletak di wilayah kawasan hutan lindung dan masuk wilayah kabupaten Kolaka Timur itu, dewan Konawe akan melakukan revisi perda pembentukan desa Morehe dan bisa jadi wilayah desa Rawua yang menawarkan wilayahnya disetujui dewan, melihat desa Morehe ini sudah terdaftar di Kementerian.
“Akan kita revisi perda pembentukan desa Morehe tentang letak titik koordinat dan batas desa,” terang Gusli Topan Sabara. (m4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top