Jelang Ramadan, KPPU Awasi 11 Komoditas – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Jelang Ramadan, KPPU Awasi 11 Komoditas

Ilustrasi. Foto: JPNN

KOLAKAPOS, Jakarta–Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Perwakilan Surabaya memonitor harga sebelas komoditas menjelang Ramadan.

Kesebelas komoditas adalah beras, kedelai, gula, daging sapi, ayam, telur, cabai, bawang merah, minyak goreng, tepung terigu, dan jagung.

Kepala Perwakilan KPPU Surabaya Aru Armando menyatakan, pihaknya melakukan inspeksi ke empat provinsi sejak akhir Maret lalu.

Empat provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

’’Biasanya, menjelang satu hingga dua minggu sebelum Ramadan, terjadi lonjakan harga,’’ jelasnya, Selasa (4/4).

Dia mengungkapkan, untuk sebelas komoditas itu, saat ini belum ada lonjakan harga yang signifikan.

Harga cabai, telur, dan daging ayam justru menurun.

Berdasar data sistem informasi ketersediaan dan perkembangan harga bahan pokok di Jawa Timur, harga cabai rawit pada 4 April jika dibandingkan dengan 3 April turun 3,44 persen.

Pada 4 April, harga cabai rawit mencapai Rp 56.569,00 per kilogram, turun drastis sejak gejolak kenaikan harga cabai rawit yang menyentuh angka Rp 150 ribu per kilogram.

’’Ternyata, ditemukan dugaan praktik penetapan harga. Tapi, kami masih mendalami penetapan harga ini terjadi di level pengepul atau industri,’’ kata Aru.

Dia menambahkan, KPPU bersama dengan Bareskrim Polri dan Kementerian Pertanian menginvestigasi penyebab naiknya harga cabai sejak akhir tahun lalu.

’’Ketika ada kenaikan harga yang cukup signifikan, kami memantau sentra dan produksinya,’’ ungkapnya.

Saat melakukan pemantauan, pihaknya mengetahui bahwa sebanyak 70 persen cabai ternyata tidak langsung dibawa ke pasar induk oleh pengepul besar, tapi dibelokkan ke industri pengolahan sambal.

Sayang, pihaknya belum mau mengungkapkan perusahaan yang terlibat. (jpnn)

Click to comment

The Latest

To Top