Hadirkan Zakir Naik, FUIB Tunggu Izin Polda – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Hadirkan Zakir Naik, FUIB Tunggu Izin Polda

KOLAKAPOS, Makassar–Ulama asal India Dr Zakir Naik diagendakan memberi dakwah ilmiah di Baruga AP Petta Rani kampus Unhas, Senin (10/4). Forum Ummat Islam Bersatu (FUIB) selaku penyelenggara, sejauh ini sudah melakukan berbagai persiapan.
Ketua FUIB Ustas Muhktar Dg Lau mengatakan, persoalan perizinan yang dibutuhkan, sejauh ini cukup lancar. Pihaknya sudah mengantongi izin dari Kesbangpol Sulsel dan Universitas Hasanuddin. Tinggal menunggu izin dari Polda Sulsel.
“Semoga dalam waktu dekat ini izinnya juga sudah keluar. Tapi pada prinsipnya, saya kira polda juga tidak ada masalah dengan kegiatan ini,” kata Ustas Mukhtar.
Dia melanjutkan, saat ini panitia sementara mengatur tata cara dan mekanisme undangan yang akan mendengarkan ceramah Dr Zakir Naik. Mulai dari berapa yang bisa masuk ruangan, bagaimana cara masuknya, dan pengaturan undangan yang berada di luar ruangan.
Ustas Mukhtar menambahkan, untuk ceramah akbar Dr Zakir Naik ini, pihaknya menyiapkan sekitar 10 ribu undangan. Namun, karena kapasitas Baruga AP Petta Rani terbatas, kemungkinan yang bisa masuk ke ruangan hanya sekitar 2.000-an saja. Sisanya di luar baruga.
Tapi jangan khawatir. Bagi undangan yang berada di luar tetap diberi fasilitas menyaksikan kegiatan dalam ruangan dari layar lebar. Serta difasilitasi langsung untuk bertanya pada DR Zakir Naik.
Dari 10 ribu undangan yang dikeluarkan, hingga saat ini, sudah terverifikasi 7.000-an orang yang mengonfirmasi kehadirannya pada acara tersebut. Khusus untuk undangan non muslim, disiapkan 200 kursi dalam ruangan sehingga bisa menyaksikan ceramah, bahkan bertanya langsung pada Dr Zakir Naik.
“Alhamdulillah, 200 kursi itu sudah terverifikasi semua. Artinya, kuotanya sudah penuh,” terangnya.
Meski begitu, bagi non muslim yang ingin hadir, masih tetap bisa difasilitasi oleh panitia. “Cukup dengan memperlihatkan KTP. Kami akan berusaha fasilitasi agar bisa ikut kegiatan ini, ” ungkapnya.
Terpisah, Ketua Bidang Publikasi dan Humas Media Unhas Prof Arsunan mengatakan, pihaknya hanya sebatas penyedia fasilitas gedung untuk dakwah Dr Zakir Naik. Sejak seminggu lalu panitia mengajukan permohonan dan izin menggunakan gedung Baruga AP Petta Rani.
“Unhas hanya penyedia gedung. Untuk persiapannya itu diatur oleh penyelenggara. Kita hanya memastikan gedung dan fasilitas di baruga tidak ada yang rusak, karena mereka ingin menghadirkan 10 ribu orang,” ujar Prof Arsunan.
Untuk pengamanan, pihak kampus hanya mengerahkan security. Karena acaranya berlangsung hari Senin, dimana aktivitas kampus sedang berjalan.
Humas Unhas Ishak Rahman menambahkan, hingga saat ini pihak kampus dan penyelengara belum melakukan koordinasi terkait persiapannya. “Sampai sekarang Unhas tidak melakukan apapun. Karena panitianya hanya meminta gedung baruga untuk digunakan. Jadi kalau persiapan khusus tidak ada. Pihak Unhas tidak ada yang jadi panitia,” terangnya. (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top