Bangun Rumah Layak Huni–Pemkab dan DPRD Konsel Sisihkan Dana – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Bangun Rumah Layak Huni–Pemkab dan DPRD Konsel Sisihkan Dana

Bupati Konsel saat meletakan batu pertama rehab rumah kumuh di Kelurahan Potoro.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Pemerintah daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), terus berupaya menekan angka kemiskinan di wilayah itu. Dengan target 13 ribu rumah kumuh akan diintervensi, menjadi rumah layak huni. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Konsel.

Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga ST MM dan Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo didampingi Kapolres Konsel, AKBP Yeyen Lesmana SIK melakukan peletakan batu pertama rehabilitasi rumah kumuh milik warga Kelurahan Potoro Kecamatan Andoolo.

“Kita target rumah kumuh yang harus direhabilitasi di Konsel sebanyak 13 ribu. Untuk Tahun 2016 500 unit telah kami rehabilitasi. Tahun ini rencananya dua ribu unit akan diintervensi. Paling tidak lima tahun kedepan setengah dari jumlah rumah tidak layak huni telah kita renovasi menjadi layak huni,” jelas Surunuddin.

Untuk di Kelurahan Potoro lanjut dia, dana renovasi tersebut bersumber dari dana yang disisihkan oleh SKPD di Konsel. Dengan menyisihkan sedikit dari penghasilan mereka untuk pencanangan Konsel berbakti kepada masyarakat.

“Kalau bertumpuk ke APBD maka tidak akan cukup merehabilitasi sekian banyak rumah. Maka dilakukanlah aksi sosial kemasyarakatan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, setiap tahun pameran promosi yang dilaksanakan tiap tahunnya biayanya begitu besar. Olehnya Pemda mencoba mengalihkan kegiatan pameran tersebut untuk porsi perbaikan rumah kumuh di Konsel. Dan itu lebih bermanfaat.

Sementara itu, Kepala Bappeda Konsel, Ir H Adiwarsyah Toar M.Si mengatakan rehabilitasi rumah kumuh dari dana sisipan SKPD berjumlah 200 unit rumah yang telah direncanakan. Seratus unit ditempatkan di Kelurahan Alangga Kecamatan Andoolo dan seratus unit di Kelurahan Potoro.

“Kita menargetkan semua tuntas pada saat perayaan HUT Konsel di 2 Mei mendatang. Sekaligus penyerahan kunci kepada masyarakat direncanakan di hari itu dengan agenda kehadiran Menteri Sosial RI,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Konsel dari Partai Hanura, Hj Nurmantasia memberikan apresiasi kepada pemda atas terobosan dan langkah bijak yang telah dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat utamanya membantu kebutuhan papan masyarakat Konsel.

“Apa yang dilakukan Pemda sangat luar biasa. Dari pada pameran setiap tahun mengeluarkan biaya yang begitu besar langkah bijak dengan memberikan program bedah rumah. Langkah itu sangat diperlukan masyarakat kita,” terangnya.

Dia berharap kegiatan kemanusiaan Pemda dapat berjalan secara berkesinambungan sampai di Kecamatan-kecamatan lain di Konsel.

“Sebagai anggota DPRD kami juga siap melakukan hal yang dilakukan Pemda, Dengan menyisipkan sebagian dari perjalanan dinas kita untuk kegiatan bedah rumah warga. Tahap awal memang kegiatan itu diutamakan dilingkungan ibukota agar perwajahan ibu kota bisa baik dan cantik,” paparnya. (k5/hen/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top