Asrama Haji Sudiang Bisa Tampung Tiga Kloter – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

SULSELBAR

Asrama Haji Sudiang Bisa Tampung Tiga Kloter

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin meresmikan tiga wisma baru di area Asrama Haji Sudiang, Rabu (5/4). Tiga wisma tersebut masing-masing Wisma Raudah, Zam-zam, dan Bir Ali.

Peresmian tiga wisma baru itu merupakan upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan haji yang lebih maksimal kepara para tamu Allah. Selain itu, daya tampung Asrama Haji jadi semakin besar dengan kehadiran tiga wisma tersebut.
“Kehadiran tiga wisma ini merupakan bukti keseriusan pemerintah terus meningkatkan pelayanan bagi para calon jamaah haji. Daya tampung Asrama Haji Sudiang juga jadi lebih besar, ” ungkap Lukman, Rabu (5/4) di Asrama Haji Sudiang Makassar.
Dia berharap kehadiran wisma baru itu memotivasi penyelenggara ibadah haji, terutama unit pelaksana teknis (UPT) Asrama Haji Sudiang dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada para calon jamaah haji.
Dia menambahkan apa yang dilakukan itu merupakan upaya memperbaiki fasilitas haji di Indonesia karena sebagian besar asrama haji yang ada di Indonesia dibangun tahun 70-an hingga 80-an.
Dia menekankan, pandangan masyarakat terkait Asrama Haji harus diubah. Bukan lagi sekadar tempat singgah biasa. Melainkan harus dikemas sehingga bisa menjadi tempat inap yang aman dan nyaman seperti sedang berada di hotel.
Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Sulsel, Abdul Wahid Tahir mengatakan, dengan bertambahnya tiga wisma itu, Asrama Haji Sudiang bisa menampung tiga kelompok terbang (kloter) secara bersamaan saat musim haji.
Ada 212 kamar yang disiapkan di tiga wisma tersebut. Masing-masing Wisma Raudah 104 kamar, Zam-zam 60, dan Bir Ali 48 kamar. Setiap wisma dibangun empat lantai.
Dia menekankan, ke depan, pelayanan yang diberikan pengelola Asrama Haji Sudiang akan lebih baik. Begitu juga dengan sarana maupun fasilitas yang ditawarkan.
“Bisa disetarakan dengan pelayanan saat berada di hotel bintang tiga, ” ungkap Abdul Wahid.
Artinya, setiap kamar dilengkapi spring bed, WiFi, meja rias, AC, dan TV, lampu tidur, lemari, ruang tamu yang dilengkapi dengan sofa. Khusus untuk kamar VIP, dialasi dengan karpet merah dan lantai keramik.
Pembangunan tiga wisma itu menelan anggaran sebesar Rp87 miliar.
Khusus untuk pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), menurut Kepala Bidang Pembinaan Jamaah, Aminuddin, Kementerian Agama sudah mengeluarkan jadwal pelunasan BPIH.
“Pelunasan sudah bisa dilakukan 10 April mendatang, ” ungkapnya.
Ditambahkan, calon jamaah haji diberi waktu 40 hari untuk menyelesaian pembayaran. Kemudian dilihat situasi maupun kondisi, jika memungkinkan, dibuka tahap kedua.
Tahun ini, pemerintah sudah menetapkan BPIH untuk Sulsel sebesar Rp38,397 juta. Biaya itu paling besar dibanding provinsi lain karena jaraknya dari embarkasi Makassar ke Tanah Suci paling jauh. (bkm/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top