24 Desa Bakal Gelar Pilkades Serentak – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

24 Desa Bakal Gelar Pilkades Serentak

KOLAKAPOS, Kolaka–Sebanyak 24 desa tahun ini bakal menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak. Pilkades serentak tahap dua ini rencananya akan dilangsungkan pada Mei mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kolaka, Akbar mengatakan, Pilkades secara serentak pada tahun ini digelar di delapan kecamatan dengan jumlah desa pelaksana sebanyak 24 desa dengan rincian Kecamatan Wolo sebanyak 1 desa yakni Desa Donggala, Kecamatan Samaturu sebanyak 5 desa yakni desa Konaweha, Wowa Tamboli, Lambolemo, Amamotu dan Lawulo. Kecamatan Baula sebanyak 4 desa yakni Desa Puulemo, Puubenua, Watalara dan Puuroda. Kecamatan Pomalaa 4 desa yakni Desa Huko-Huko, Hakatutobu, Pesouha, Oko-Oko dan Totobo. U

“Untuk Kecamatan Tanggetada dan Polinggona kata Akbar, hanya diikuti masing-masing satu desa yakni Desa Petudua di Kecamatan Tanggetada dan Desa Puudongi di Kecamatan Polinggona. Sedangkan di Kecamatan Watubangga digelar di Desa Polenga, Kastura, Mataosu, Sumber Rejeki dan Langgosipi. Di Kecamatan Toari, diikuti oleh dua desa yakni Desa Anawua dan Ranojaya, ” terang Akbar

Sementara itu Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Kolaka, Abdullah Badi mengatakan bahwa bahwa saat ini tahapan Pilkades tahun 2017 di Kabupaten Kolaka sudah berjalan, baik pada tingkat kabupaten maupun pada tingkat desa yang akan menggelar pilkades tersebut.

“Untuk di tingkat Kabupaten, kami telah melaksanakan sosialisasi ke desa atau kecamatan penyelenggara pilkades. Sementara untuk tahapan di desa saat ini, Pendaftaran bakal calon kepala desa dan pendataan daftar pemilih sementara (DPS) oleh panitia pemilihan kepala desa yang telah dibentuk juga telah berjalan, ” kata Abdullah.

Dirinya berharap agar pilkades serentak yang digelar tahun ini bisa berjalan dengan baik sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada. Selanjutnya bagi panitia pemilih dapat bekerja dengan benar dan baik agar dapat meminimalisir ketidakpuasan peserta pilkdes pasca pemilihan dilaksanakan. (cr3/b/hen)

Click to comment

The Latest

To Top