Tersangka Pungli BPN Segera Ditetapkan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

HUKUM & KRIMINAL

Tersangka Pungli BPN Segera Ditetapkan

KOLAKAPOS, Luwu–Laporan warga Padang Subur Kecamatan Ponrang, Andi Hendra terkait pungutan liar (Pungli) saat pengurusan sertifikat tanah di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Luwu di Mapolres Luwu mulai memasuki babak baru.
Waka Polres Luwu Kompol Abraham Tahalele selaku Ketua Tim Ciber Pungli Polres Luwu, Senin (3/4) menjelaskan kasus dugaan pungli di kantor BPN Luwu sudah rampung proses penyelidikannya.
“Penyelidikannya sudah rampung dalam waktu dekat akan dilakukan gelar perkara,” ujar Abraham
Dia menyebut setelah gelar perkara statusnya akan ditingkatkan ke penyidikan dengan menetapkan tersangka.
“Kasus di BPN ini kan atas laporan warga, beda jika kasusnya kalau Operasi Tangkap Tangan (OTT). Kita sudah bekerja sesuai Standar Operasional (SOP). Yang jelas kasus ini prioritas bagi timnya,”tandasnya.
Sementara anggota Komisi I DPRD Luwu Sul Arrahman dengan tegas mendukung Polres Luwu yang sedang mengusut tuntas dugaan Pungli di BPN.
“Ya harus diproses sesuai ranah hukum dan saya dukung tim Polres untuk segera gelar perkara” tegas Sul kemari.
Sul juga menegaskan agar tidak membiarkan ulah oknum seperti itu merajalela di pemerintahan apalagi ini BPN terkait layanan publik ketika warga mengurus proses kepemilikan sertifikat atas hak tanahnya.
Sebelumnya, Andi Hendra (40) mengaku kecewa dengan pelayanan BPN Luwu yang memperlit dirinya mengurus sertifikat tanah berbau pungutan liar (Pungli). Apalagi sampai diminta membayar sejumlah uang sebesar Rp 5 juta tanpa rincian yang jelas.
Belakangan pihak oknum di BPN Luwu ingin mengambalikan lagi uang yang telah di setor ke BPN sebanyak Rp 1.600 .000 namun ditolak oleh korban. (bkm/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top