Pemkab Wakatobi Bakal Lelang 19 Jabatan Eselon II – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Pemkab Wakatobi Bakal Lelang 19 Jabatan Eselon II

KOLAKAPOS, Wakatobi–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi, membuka kesempatan kepada Aparatur Sipil Negeri (ASN) untuk mengisi posisi pimpinan di SKPD. Pasalnya, Pemkab Wakatobi, akan mengadakan lelang jabatan eselon II secara terbuka untuk 19 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada April 2017.

Sekretaris Daerah Wakatobi, Muhammad Ilyas Abibu mengatakan, saat ini Pemkab berencana membuka lelang jabatan untuk eselon II. Sebab, hingga saat ini masih ada sebagian SKPD belum memiliki pimpinan yang definitif.
Menurutnya, lelang jabatan ini perlu dilakukan agar setiap SKPD memiliki kepala dinas definitif agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Selain itu, pelaksana tugas yang mengisi posisi di SKPD belum tentu memenuhi syarat yang dibutuhkan.
“Kami akan membuka seleksi terbuka esolan II untuk 19 kepala SKPD. Sebab, kalau saat ini masih diisi pelaksana tugas jadi diharapkan setelah ada kepala SKPD definitif dapat mengisi kekosongan jabatan. Sebab, kepala dinas definitif memiliki tanggung jawab jangka panjang, tidak ada keraguan untuk melaksanakan tugasnya. Selain itu, pelaksana tugas juga belum ada memiliki tanggung jawab jangka panjang. Bahkan pelaksana tugas yg ada sekrang belum tentu memunuhi syarat untuk menjadi kepala dinas,” paparnya.
Rencananya seleksi lelang jabatan ini akan dilaksanakan pada April ini. Bahkan, pihaknya tinggal menunggu jadwal pelaksaan dari KASN. “Jadwalnya diupayakan April tahun ini, sedangkan jadwal pastinya menunggu rekomendasi dari KASN. Bahkan kami akan membentuk Pansel lelang jabatan,” ujarnya.
Ia mengungkapkan, setelah ada rekomendasi dari KASN, Pemkab akan membentuk panitia sebanyak lima orang. Selain itu, dibuatkan pengumuman seleksi.

“Setelah ada surat dari KASN, kami akan membentuk panitia seleksi. Setelah itu dibuatkan pengumuman seleksi, pendaftaran dan penyerahan berkas. seleksi berkas, Asesmen, dilanjutkan ditingkat pansel akan ada tes wawancara,” ungkapnya.

Ilyas menambahkan, terkait ada anggapan seleksi ini diperuntukan segelintir orang itu tdak benar. Karena yang namanya seleksi terbuka itu diperuntukan ASN yang memenuhi syarat.

“Tidak benar kalau lelang ini diperuntukan segelintir orang saja. Sebab, Pansel juga diawasi oleh KASN. Bahkan, tim seleksi itu dari tim BKN, mereka sudah memilik standar tertentu sesuai aturan untuk menilai sesorang menilai layak sesorang atau tidak dalam menduduki jabatan eselon. Jadi sekali lagi, kalau ada anggapan bahwa untuk segelintir orang itu tidak benar. Yang jelas ini seleksi terbuka,” tandasnya. (hrn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top