Bulan Ini 89 Gurdacil Terima Tunjangan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Bulan Ini 89 Gurdacil Terima Tunjangan

Kadis Diknas Konawe. Jumrin Pagala. SH

KOLAKAPOS, Unaaha–Tunjangan 89 guru yang bertugas di wilayah pelosok Konawe, dipastikan bulan ini menerima tunjangan guru daerah terpencilnya (Gurdacil) setelah kepala dinas pendidikan dan kebudayaan nasional Konawe Jumrin Pagala, menerima surat keputusan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) nomor 030 tahun 2016.

Tahun sebelumnya surat keputusan Gurdacil dikeluarkan langsung oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, setelah ada perubahan berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) maka SK yang digunakan berasal dari KPDT, berdasarkan hasil survey wilayah desa terpencil se-kabupaten Konawe.
“Kita mengacu pada SK Kementerian (KPDT, red), untuk SK yang dikeluarkan bupati tidak digunakan lagi,” terang Jumrin.
Jumrin melanjutkan, dari data yang digunakan KPDT untuk menilai uji kelayakan sekolah yang berada di wilayah terpencil, KPDT membagi tiga wilayah kriteria diantaranya desa tertinggal, desa berkembang dan desa sangat terpencil. Dari uji kelayakan, sebanyak 29 desa yang masuk kategori yang digunakan untuk menempatkan sebanyak 89 Gurdacil Konawe.
“89 Gurdacil yang akan menerima tunjangan, untuk anggaranya sendiri Kementerian sudah menyiapkan anggaran APBN sebesar Rp3.467.000.000 yang akan digunakan selama setahun,” ujarnya.
Untuk itu tambah Jumrin, guru daerah terpencil dipastikan menerima tunjanganya bulan ini, karena dari segi anggaran sudah disiapkan dari pusat. “Ini sudah masuk triwulan pertama maka bulan ini akan keluar anggaranya,” terang mantan Kabag Pemerintahan Sekretariat Konawe itu. (m4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top